Kunjungi Bone, Mentan Amran Ajak Petani Transformasi dari Tradisional ke Modern

Justang Muhammad
Kamis, 10 Okt 2024 18:49
Kunjungi Bone, Mentan Amran Ajak Petani Transformasi dari Tradisional  ke Modern
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyaksikan penanaman padi di salah satu lahan pertanian milik warga di Kabupaten Bone, Kamis (10/10/2024). Foto: SINDO Makassar/Justang Muhammad
Comment
Share
BONE - Ribuan masyarakat Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan tumpah ruah menyambut kehadiran Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya di Desa Matajang, Kecamatan Dua Boccoe.

Dalam arahannya, Mentan mengajak para petani untuk merevolusi sektor pertanian Indonesia menuju pertanian modern. Dia ingin, semua proses bertani dilakukan dengan teknologi dan juga mekanisasi.

"Pertanian tidak bisa maju tanpa transformasi dari metode tradisional menuju modern. Ini adalah tantangan besar, tetapi dengan kerja keras dan inovasi, kita optimis bisa mencapainya," ujar Mentan disambut riuh tepuk tangan masyarakat sekitar, Kamis (10/10/2024).

Mengenai hal ini, Mentan Amran mendorong generasi muda dari seluruh Indonesia untuk segera bergegas melakukan produksi dengan teknologi dan mekanisasi.

"Generasi muda harus terlibat dalam revolusi pertanian ini dengan menggunakan teknologi tinggi. Kami memberikan bantuan alat pertanian modern agar mereka lebih produktif dan efisien. Ini adalah upaya kita untuk memastikan pertanian Indonesia semakin maju," katanya.

Menurut Mentan, pertanian merupakan sektor strategis yang memiliki potensi besar pada penguatan ekonomi nasional. Hal ini yang terus dilakukan Presiden Joko Widodo dan juga terus dijaga oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan juga Presiden terpilih Prabowo Subianto atas dukungannya. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mencapai target pertanian nasional," katanya.

Saat ini, kata Mentan, pemerintah telah menyediakan pupuk subsidi, benih unggul hingga deretan alsintan sebagai penguat pertanian Indonesia menuju lumbung padi dunia.

"Pupuk yang sebelumnya bermasalah bisa kita atasi. Presiden telah menyetujui tambahan dana 24 triliun untuk mendukung kebutuhan pupuk nasional. Kedua, masalah alat mesin pertanian. Kami telah meminta tambahan alat pertanian untuk mempercepat proses produksi," katanya.

Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakhrulloh menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian besar Mentan Amran terhadap jalannya pembangunan pertanian di Bone.

"Saya atas nama masyarakat Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang terus diberikan oleh Kementerian Pertanian. Dengan lahan sawah yang luas, Sulawesi Selatan berpotensi menjadi lumbung pangan terbesar di Indonesia," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Mentan Amran juga menyalurkan sejumlah bantuan prasarana dan sarana pertanian ke petani Bone.
(MAN)
Berita Terkait
Semnas Polipangkep Hadirkan Narasumber Tenaga Ahli Mentan
Sulsel
Semnas Polipangkep Hadirkan Narasumber Tenaga Ahli Mentan
Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) menggelar Seminar Nasional (Semnas) di Hotel Unhas, 15 Oktober 2024. Semnas menghadirkan Narasumber Tenaga Ahli Menteri Pertanian (Mentan) Bidang Lingkungan Pertanian.
Rabu, 16 Okt 2024 10:24
Fauzi-Ajie Siapkan Program MAJU SDMnya untuk Sejahterahkan Petani di Luwu Utara
Makassar City
Fauzi-Ajie Siapkan Program MAJU SDMnya untuk Sejahterahkan Petani di Luwu Utara
Fauzi menyampaikan jika pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Luwu Utara, sehingga sudah seharusnya pertanian mendapat perhatian khusus dari pemerintah.
Selasa, 15 Okt 2024 13:45
AAS Beri Beasiswa ke 133 Mahasiswa, Rektor UNM: Beliau Telah Selesai Urusan Dunia
Makassar City
AAS Beri Beasiswa ke 133 Mahasiswa, Rektor UNM: Beliau Telah Selesai Urusan Dunia
Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Karta Jayadi menyambut baik aksi Founder AAS Fundation Andi Amran Sulaiman yang menyerahkan bantuan beasiswa kepada 133 mahasiswa. Penerima itu berlatar belakang yatim, piatu, yatim piatu, hafidz Al-Quran, disabilitas dan ekonomi kurang mampu.
Sabtu, 12 Okt 2024 17:18
Mentan Amran Bagikan Beasiswa untuk Anak Yatim Piatu Sebesar Rp2,2 Milyar
Sulsel
Mentan Amran Bagikan Beasiswa untuk Anak Yatim Piatu Sebesar Rp2,2 Milyar
Founder Yayasan ASS Fundation Andi Amran Sulaiman kembali menunjukkan kepeduliannya yang demikian besar pada anak yatim piatu.
Jum'at, 11 Okt 2024 19:01
Mentan Serahkan Bantuan  Pertanian Rp65,4 Miliar untuk Kabupaten Gowa
Sulsel
Mentan Serahkan Bantuan Pertanian Rp65,4 Miliar untuk Kabupaten Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman di Lapangan Pemuda Kecamatan Pattallassang, Jum'at (11/10).
Jum'at, 11 Okt 2024 16:35
Berita Terbaru