Nmax Turbo Gahar di Rute Menantang Sulsel, Fitur Keamanan Bikin Rider Pede Akselerasi

Luqman Zainuddin
Senin, 21 Okt 2024 16:21
Nmax Turbo Gahar di Rute Menantang Sulsel, Fitur Keamanan Bikin Rider Pede Akselerasi
Salah satu peserta touring Nmax Tour Boemi Nusantara menunggangi Nmax Turbo di Jalur Kabupaten Bone menuju Sinjai, Sabtu (19/10/2024). Foto: Dok PT SJAM
Comment
Share
BONE - Nmax Tour Boemi Nusantara Etape ke-12 berakhir di Sulawesi, Minggu (20/10/2024). Para peserta menggeber Nmax Turbo melintasi sembilan kabupaten/kota di Sulsel dengan total rute 477 kilometer.

Kondisi rute yang dilalui para peserta touring beragam. Mulai dari jalan aspal yang mulus hingga berlubang, menanjak dan menurun, berkelok-kelok, sampai yang lurus sejauh mata memandang.

Rute bervariasi ini seakan menjadi 'medan tes' paripurna bagi Nmax Turbo yang baru diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture (YIMM) Juni 2024 lalu.

Nmax Turbo dibekali dengan fitur pembaruan dan teknologi terkini dari pendahulunya. Seperti mesin Blue Core 155cc VVA yang mampu menghasilkan 11,3 kW / 8.000 Rpm. Di jalur tertentu, peserta touring bisa menembus 100 kpj hanya dalam hitungan detik.

Kondisi itu terpotret ketika rombongan melintasi jalur lurus yang berada di sepanjang jalan Kabupaten Bone menuju Kabupaten Sinjai. Motor Nmax Turbo melaju kencang namun tetap stabil.



"Ini pertama kali saya memakai nmax turbo. Ini pengalaman yang sangat membanggakan," aku Ismail Hamzah, member Komunitas Maxifun Reborn, yang ikut dalam touring ini.

Performa gahar Nmax Turbo juga berasal dari teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) menggantikan CVT konvensional. Teknologi paling baru yang sangat berguna di Jalur Camba Maros-Bone yang menanjak-menurun.

Y-Shift inilah yang membuat motor ini menyambung istilah Turbo. Fungsinya membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan dengan 3 tingkatan, yakni low, medium, dan high.

Fitur ini pun diuji coba secara langsung di lapangan oleh peserta ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan. Juga untuk deselerasi alias pengereman mesin.

"Kalau misal pendakian kita bisa memencet tombol (shift), bisa menambah daya dorong. Begitupun ketika penurunan ini juga bisa difungsikan membantu pengeteman," sambung Ismail.



Nmax Turbo juga andal meliak-liuk maupun di jalan bergelombang dalam kecepatan tinggi. Hal ini salah satunya ditopang Performance Damper yang disematkan di bodi motor. Fitur ini membuat rangka lebih kaku, menjadikan getaran dan fleksibilitas rangka bisa ditahan pada titik tertentu.

Dari sisi keamanan, hadirnya dual channel ABS membuat peserta lebih percaya diri (pede) ketika harus menarik tuas rem lebih dalam, tanpa khawatir ban slip karena ban terkunci. Begitupula dengan traction control system.

"(Semua fitur ini) Bisa membantu meminimalisir potensi kecelakaan," beber Ismail.

Menurutnya, Nmax Turbo akan menjadi tren di kelasnya dengan berbagai kebaruan dan teknologi yang disematkan.

"Kehadiran Nmax Turbo akan menjadi sesuatu yang bagus bagi Yamaha, apalagi di seri Maxi, karena ada sistem terbaru, (Nmax Turbo) akan menjadi trend setter di dunia otomotif," pungkas Ismail.



Meskipun punya aura maskulin, Nmax Turbo juga cocok bagi kalangan perempuan. Ini dibuktikan langsung oleh dua peserta perempuan yang ikut menggeber Nmax Turbo ini di jalur Bone-Sinjai-Bulukumba.

"Mode turbonya ternyata sangat mudah diaplikasikan, tidak serumit yang kedengaran. Motornya juga sangat mudah dikendarai, dan stabil pada kondisi-kondisi jalan tertentu. Pernya (shockbreaker) juga empuk kalau injak jalan berlubang," ujar salah satu peserta touring perempuan, Sri Wahyu Diastuti.

Sebagai informasi, puluhan peserta touring merupakan jurnalis kantor berita nasional dan lokal. Sebagian lainnya merupakan komunitas. Mereka 'dibekali' 20 unit Nmax Turbo. Ada juga beberapa motor Xmax dan Lexi terbaru, yang menjadi pengiring.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru