Pengamat Sebut Serangan Kampanye Negatif Tak Pengaruhi Elektabilitas Andalan Hati

Tim Sindomakassar
Jum'at, 25 Okt 2024 12:06
Pengamat Sebut Serangan Kampanye Negatif Tak Pengaruhi Elektabilitas Andalan Hati
Jubir Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Berbagai serangan kampanye negatif terhadap pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) dinilai tidak berpengaruh sama sekali.

Elektabilitas paslon nomor urut 02 itu tetap tinggi, unggul telak, bahkan sulit terkejar oleh rivalnya paslon nomor urut 01 Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (DIA), berdasarkan hasil riset Pilgub Sulsel 2024 dari berbagai lembaga survei.

Demikian diungkapkan Pengamat Politik, Asratillah menilai dinamika pilgub yang berlangsung hingga saat ini. Menurutnya terdapat dua faktor utama yang membuat Andalan Hati sulit dikejar DIA, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yang dimaksudnya, mencakup soal rekam jejak personal dari Andi Sudirman dan Fatmawati, serta dukungan kekuatan politik yang dimiliki.

Ia melihat Andi Sudirman yang pernah menjabat sebagai gubernur dengan waktu kurang lebib tiga tahun lamanya sudah cukup membuat dirinya populis, berinteraksi bersama orang banyak, dengan berbagai program maupun kegiatan dikerjakan.

"Artinya dia punya waktu untuk mempopuliskan dirinya. Ini modal politik yang besar Andi Sudirman sebagai kandidat calon gubernur saat ini," ucapnya, Jumat (25/10/2024).

Begitupun dengan rekam jejak Fatmawati, dikatakan Direktur Politik Profetik Institut ini, ia pernah menjabat sebagai wakil walikota Makassar, terus maju di Pileg 2024 dengan suara signifikan. Belum lagi suaminya RMS yang punya kekuatan politik kuat di Sulsel khususnya Dapil 3.

"Artinya ibu fatma dengan keluarganya punya modal politik signifikan, punya kantong suaranya sendiri. Keduanya, wajar kalau sampai hari ini bisa menggaet dukungan elektoral yang jauh lebih signifikan dibandingjan dengan Danny-Azhar," bebernya.

"Belum lagi dukungan partai politik, hampir semua yang mendukung itu adalah Koalisi KIM yang memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Sedikit bayaknya pasti ini akan memberikan pengaruh terhadap dukungan elektoral keduanya," tegas dia.

Sementara untuk faktor eksternal, lanjut Asratillah, dapat dilihat dari prefensi pemilih yang ada di Sulsel. Berdasarkan paparan dari berbagai lembaga survei, disebutkan bahwa kebanyakan masayarakat cenderung lebih memilih calin pemimpin dengan karakter tenang dibandingkan yang agresif.

"Kalau kita bandingkan dengan DIA punya karakter berbeda, satu cool dan satu agresif. Dan pemilih saya lihat, mereka sungkan dengan pemilih agresif, suka menyerang, sebagaimana kita ketahui kalau kemarin itu ada serangan-serangan yang mengarah ke Andalan Hati. Dan itu terkonfirmasi dengan beberapa hasil survei," tegasnya.

Sementara itu, calon gubernur Andi Sudirman mengapresiasi seluruh tim pemenangannya. Baginya, apa yang telah dicapai Andalan Hati sejauh ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras tim.

Ia pun berpesan agar seluruh tim pemenangan Andalan Hati menjaga semangatnya, bekerja lebih keras, dan harus tetap rendah hati.

"Kami mengapresiasi seluruh tim Andalan Hati yang telah bekerja dengan sangat baik. Tetap jaga semangat, kerja lebih keras, dan tidak boleh jemawa," ujar Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim, menyampaikan pesan Andi Sudirman.
(UMI)
Berita Terkait
Hadiri Peresmian Posko DIA, Gakkumdu Sulsel Periksa 3 Kepsek SMP Makassar
Sulsel
Hadiri Peresmian Posko DIA, Gakkumdu Sulsel Periksa 3 Kepsek SMP Makassar
Sentra Gakkumdu Sulsel sedang memproses kasus dugaan tindak pidana yang melibatkan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP 22 Makassar berinisial SA. Kepsek perempuan ini diduga menghadiri acara peresmian Posko Pemenangan Paslon Danny Pomanto-Azhar Arsyad (Danny-Azhar) di Takalar pada 2 Oktober 2024.
Jum'at, 25 Okt 2024 18:29
Peduli Budaya, Azhar Siap Bersama Danny Benahi Benteng Somba Opu
Sulsel
Peduli Budaya, Azhar Siap Bersama Danny Benahi Benteng Somba Opu
Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad mengawali agenda kampanye di Takalar dengan terlebih dahulu berkunjung di Benteng Somba Opu Gowa, Jumat (25/10/2024) pagi.
Jum'at, 25 Okt 2024 13:40
Apdesi Sulsel Sambut Terobosan Danny, Program BKK Rp200 Juta Setiap Desa
Sulsel
Apdesi Sulsel Sambut Terobosan Danny, Program BKK Rp200 Juta Setiap Desa
Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Sulawesi Selatan, Andi Sri Rahayu Usmi memberikan dukungan penuh terhadap janji calon Gubernur Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto atau “Danny Pomanto,” yang menyebutkan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk setiap desa di wilayah Sulawesi Selatan.
Jum'at, 25 Okt 2024 12:41
DKPP Kumpulkan 518 Penyelenggara Pemilu dalam Rakor di Makassar
Sulsel
DKPP Kumpulkan 518 Penyelenggara Pemilu dalam Rakor di Makassar
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengumpulkan 518 penyelenggara Pemilu dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggara Pemilu di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada 24-26 Oktober 2024.
Jum'at, 25 Okt 2024 11:38
Kampanye di Takalar, Azhar Ingatkan Pilih Pemimpin yang Bawa Perubahan untuk Sulsel
Sulsel
Kampanye di Takalar, Azhar Ingatkan Pilih Pemimpin yang Bawa Perubahan untuk Sulsel
Titik pertama di Lingkungan Borong Baji, Kecamatan Polong Bangkeng Utara, Azhar disambut musik tradisional 'Paganrang' (panggendang) dan ratusan warga mayoritas ibu-ibu.
Kamis, 24 Okt 2024 18:34
Berita Terbaru