Basmin Ajak Komponen Pemerintahan Bersatu Wujudkan Kemandirian Fiskal

Chaeruddin
Senin, 01 Mei 2023 21:54
Basmin Ajak Komponen Pemerintahan Bersatu Wujudkan Kemandirian Fiskal
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Kota Makassar. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Comment
Share
MAKASSAR - Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengajak komponen pemerintahan bekerja sama bersatu mewujudkan kemandirian fiskal. Itu diutarakan usai peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Sebanyak 300 kepala daerah se-Indonesia hadir pada puncak kegiatan ini. Hadir pula Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian. Ia bertindak selaku Inspektur Upacara. Bupati Bantaeng H Ilham Azikin sebagai pemimpin upacara.

Terkait kegiatan tersebut, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menyampaikan ucapan selamat Hari Otda ke XXVII. Ucapan serupa juga dialamatkan kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang sukses menjadi tuan rumah.


"Atas nama pemerintah Kabupaten Luwu beserta jajaran, saya menyampaikan ucapan selamat Hari Otonomi Daerah Ke -XXVII, dan selamat kepada Pemerintah Kota Makassar, selaku tuan rumah atas pelaksanaan puncak acara peringatan Hari OTDA yang berjalan sangat sukses dan meriah," kata Basmin.

Bupati mengajak seluruh komponen pemerintah Kabupaten Luwu untuk bersatu, kompak dan memperkuat kerja sama dalam menjalankan pemerintahan, dengan semangat otonomi daerah menjadikan Kabupaten Luwu maju dan mandiri.

"Sesuai arahan Bapak Mendagri, bahwa seluruh komponen pemerintahan, baik pusat, provinsi maupun daerah agar bersatu padu mewujudkan kemandirian fiskal di tiap daerah yang bertujuan agar daerah tidak mudah goyah serta tidak terlalu berdampak terhadap goncangan jika terjadi permasalahan keuangan di tingkat pusat," lanjut Bupati Luwu, dua periode ini.



Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII dengan mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh kepala daerah, kemudian penampilan parade bendera dan tari Pakkarena secara kolosal yang dibawakan 200 orang penari di atas 200 kapal nelayan.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya pada peringatan Hari Otda XXVII ini yakni seminar nasional, kunjungan ke lorong wisata (longwis), dan pameran inovasi kinerja pemerintah daerah se-Indonesia.



Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, kepala daerah melakukan penandatanganan di atas batu prasasti sebagai simbol kehadiran dan partisipasinya pada puncak acara Hari Peringatan Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 di Kota Makassar.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru