Hibah Masmindo Kini Dirasakan Manfaatnya Warga Luwu

Chaeruddin
Minggu, 07 Mei 2023 20:07
Hibah Masmindo Kini Dirasakan Manfaatnya Warga Luwu
Peresmian dan pengguntingan pita Jembatan Lekkopini oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang, yang disaksikan Direktur Utama Masmindo, Trisakti Simorangkir, Kapolres Luwu, AKBP Arisandi. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Hibah PT Masmindo Dwi Area ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, kini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat khususnya warga di Kecamatan Bajo Barat.

Salah satu item pembangunan yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara PT Masmindo dan Pemkab Luwu adalah pembangunan baru Jembatan Lekkoponi yang terletak di Kecamatan Bajo Barat.



Jembatan ini merupakan penghubung utama antara Desa Saronda dengan Desa Bone Lemo sekaligus akses penghubung tiga kecamatan di Luwu yakni, Kecamatan Bajo Barat, Latimojong dan Kecamatan Bastem.

Pemanfaatan Jembatan Lekkopini, ditanda dengan peresmian dan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Basmin Mattayang, yang disaksikan Direktur Utama Masmindo, Trisakti Simorangkir, Kapolres Luwu, AKBP Arisandi serta sejumlah kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu, Sabtu, (6/5/2023) baru-baru ini.

Basmin Mattayang, saat peresmian menyampaikan terimakasih kepada PT Masmindo termasuk rekanan PT Pilar Nusantara, yang menyelesaikan pembangunan Jembatan Lekkopini, lebih awal dari perkiraan.

"Paling membanggakan bagi kita semua adalah pembangunan Jembatan Lekopini baru ini dapat diselesaikan dengan cepat tanpa mengurangi kualitas. Dan ini layak dibanggakan karena yang mengerjakannya adalah kontraktor lokal Luwu," ujarnya.

Bupati Luwu berterimakasih atas kehadiran PT Masmindo, khususnya dalam hal inisiatif dan upayanya dalam pembangunan jalan dan jembatan ini di Luwu.



Menurut orang nomor satu di Kabupaten Luwu ini menyampaikan, Jembatan Lekkopini, memudahkan akses masyarakat sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi setempat.

"Semua pihak perlu menyadari dan memberikan dukungan agar investasi daerah, termasuk yang dilakukan Masmindo, dapat terus berjalan dengan lancar," ujarnya.

"Saya berharap agar hambatan-hambatan dalam investasi dan operasi Masmindo dapat ditangani dengan baik dan terus membangun komunikasi yang intens antara Masmindo dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah," kata Basmin Mattayang.

Bupati Luwu memastikan, pemerintah selalu mendukung penuh kehadiran PT Masmindo di Kabupaten Luwu.



Pembangunan Jembatan Lekopini baru merupakan salah satu komitmen PT Masmindo yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani 16 Maret 2022 dengan besta hibah Rp67 miliar yang diserahkan secara bertahap kepada Pemerintah Kabupaten Luwu.

Dana tersebut sesuai NPHD untuk proses pembangunan dan peningkatan kualitas jalan akses utama antara Belopa – Ranteballa melalui Marinding sepanjang 38 kilometer, pembangunan Jembatan Lekopini Baru, dan jalan masyarakat antara Desa Boneposi dengan Desa Kadundung.

Pembangunan infrastrukur merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Masmindo Dwi Area.

Khusus Jembatan Lekkopini, Kepala Dinas PUPR, Iksan Asaad, menjelaskan, Jembatan Lekopini, dibangun oleh rekanan PT Pilar Nusantara dengan anggaran sebesar Rp. 8 milyar lebih, memiliki panjang bentang 30 meter, lebar 7,5;meter.

"Strukturnya abutment dengan mutu beton K-400, struktur atas girder baja dengan tinggi 1,7 meter. Jembatan ini memiliki daya dukung atau kekuatan hingga maksimal 60 ton," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru