Resmikan Kantor Baru di Gowa, BPR Hasamitra Siap Dukung Pengembangan UMKM

Herni Amir
Rabu, 24 Mei 2023 19:31
Resmikan Kantor Baru di Gowa, BPR Hasamitra Siap Dukung Pengembangan UMKM
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri grand opening kantor baru BPR Hasamitra Cabang Gowa di Jalan Usman Salengke, Rabu (24/5). Foto/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hasamitra siap mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Gowa.

Dirut BPR Hasamitra, I Nyoman Supartha, mengatakan komitmen untuk turut mengembangkan UMKM dilakukan melalui kucuran permodalan, dengan menyiapkan dana sebesar Rp50 miliar.



"Ada dua skema yang kami siapkan baik melalui KUR maupun pinjaman kepada kelompok UMKM. Kami akan bersinergi dengan Pemkab Gowa, agar dana itu bisa diserap oleh UMKM di daerah ini," paparnya saat grand opening kantor baru BPR Hasamitra Cabang Gowa di Jalan Usman Salengke, Rabu (24/5).

Dia berharap dengan kerja sama tersebut nantinya, dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah berjuluk Butta Bersejarah itu.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mengapresiasi langkah BPR Hasamitra yang menyediakan permodalan bagi UMKM di Kabupaten Gowa. Apalagi sejak 2020 jumlah UMKM di daerah ini terus bertumbuh.

Untuk itu, SKPD terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Peternakan, serta Dinas Pertanian harus duduk bersama dengan pihak Hasamitra agar dana yang tersedia sebagai akases permodalan dapat diserap oleh UMKM.

"Kita kasih data UMKM-nya dan pihak Hasamitra menindaklanjuti data tersebut. Semoga UMKM kita, usahanya bisa lebih berkembang dan melakukan rekrutmen tenaga kerja untuk menekan arah kemiskinan dan pengangguran," ucapnya.

Sebagai langkah awal, Adnan menginginkan adanya percontohan UMKM di setiap kecamatan. Lalu nantinya mendorong di setiap desa dan kelurahan. Apalagi skema yang akan diberikan adalah permodalan dalam bentuk kelompok-kelompok UMKM.

Adnan menambahkan, jika merujuk data BPS, Kabupaten Gowa setiap tahun mengalami pertumbuhan penduduk 4%. Diprediksi dua atau tiga tahun ke depan Gowa akan menjadi daerah dengan penduduk terpadat kedua di Sulsel setelah Makassar.



Kondisi itu merupakan potensi yang bisa dikembangkan perbankan. Begitupula dengan tiga sektor unggulan yang menopang ekonomi daerah ini, yang bisa dikelola perbankan yakni pertanian, perdagangan, dan konstruksi termasuk UMKM di dalamnya.

"Hal inilah yang menopang pertumbuhan ekonomi di Gowa sehingga mampu menjadi kedua tertinggi di Sulsel. Semoga potensi ini bisa kita kembangkan bersama. Dan selamat atas hadirnya kantor baru Hasamitra semoga pelayanannya akan lebih baik dengan hadirnya kantor yang baru," ucapnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru