Jerih Payah Damkar Maros Evakuasi Sapi Terjebak di Dalam Sumur Kering

Najmi S Limonu
Minggu, 28 Mei 2023 15:59
Jerih Payah Damkar Maros Evakuasi Sapi Terjebak di Dalam Sumur Kering
Tim Animal Rescue Damkar Kabupaten Maros melakukan evakuasi terhadap seekor sapi yang terperosok ke dalam sumur kering sedalam 15 meter. Foto/Najmi Limonu
Comment
Share
MAROS - Tim Animal Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Maros melakukan evakuasi terhadap seekor sapi yang terperosok ke dalam sumur kering sedalam 15 meter. Insiden unik ini terjadi di Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (27/5/2023) malam.

Sapi malang ini merupakan milik warga setempat bernama Daeng Kio, yang baru saja dibeli untuk dijadikan ternak peliharaan. Dia mengatakan, saat sedang mencari makan kemungkinan sapi peliharaannya tidak melihat sumur tua yang tidak memiliki pembatas.



"Jadi kemungkinan ini sapiku bisa terjatuh, gara-gara dia tidak lihat sumur tua itu di belakang rumah. Apalagi sumurnya juga tidak memiliki pembatas," ujar dia.

Setelah mengetahui ternaknya jatuh ke dalam sumur, pemilik pun lalu menghubungi petugas Damkar setempat. Tim Damkar yang menerima adanya laporan lalu menerjunkan personel animals rescue ke lokasi tersebut.

"Proses evakuasi diakukan dengan teknik manual. Mereka menggunakan tali karmantel, lalu anggota turun ke dasar sumur sedalam 15 meter, dengan teknik vertical rescue," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Pleton Damkar Maros, Irwansyah, mengatakan sebelum sapi malang ini dievakuasi ke atas, petugas terlebih dahulu berjuang menenangkan sapi agar tidak stres.

"Sebelum kita evakuasi, anggota terlebih dahulu turun ke sumur kering ini, setelah itu kita berusaha tenangkan sapi yang terus meronta. Lalu kita tutup matanya dengan kain supaya lebih tenang saat diangkat naik," jelas Irwansyah.



Proses evakuasi ini pun berlangsung dramatis, pasalnya diameter sumur yang begitu kecil membuat petugas sempat kesulitan menaikan sapi yang diduga memiliki bobot 80 Kilogram.

"Kita sempat kesulitan mengevakuasi. Setidaknya kami membutuhkan waktu sekitar 40 menit lebih untuk mengangkat sapi yang bobotnya 80 kg. Itupun kami dibamtu oleh warga sekitar. Tapi alhamdulillah, evakuasi sapi ini berhasil, dan telah kami serahkan kepada pemiliknya," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru