RSUD Andi Makkasau Pastikan Layanan RPLM Berstandar Kesehatan

Darwiaty Dalle
Senin, 29 Mei 2023 18:26
RSUD Andi Makkasau Pastikan Layanan RPLM Berstandar Kesehatan
Manajemen RSUD Andi Makkasau Kota Parepare terus meningkatkan sistem pelayanan pada seluruh bagian dalam lingkup rumah sakit bertipe B tersebut. Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare terus meningkatkan sistem pelayanan pada seluruh bagian dalam lingkup rumah sakit bertipe B tersebut.

Bukan hanya penanganan kesehatan yang responsif, namun juga pada sektor pelayanan penyediaan makanan di bagian Ruang Persiapan Layanan Makanan (RPLM), atau dapur untuk pasien rawat inap.



Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari, mengatakan pihaknya memastikan ruangan dapur di rumah sakit tipe B tersebut memenuhi standar rumah sakit yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

"Ruang dapur terus kami tingkatkan bagaimana menjaga sterilisasinya aman sesuai standar kesehatan," jelasnya.

Menjaga agar kondisi dapur tetap bersih dan sehat, kata Renny, manajemen RSUD Andi Makkasau, menerapkan sistem tahapan. Salah satunya, kata dia, tahap sanitasi alat makan dan pencegahan kontaminasi makanan.

"Makanan dan minuman harus memenuhi syarat higiene. Ruangan dan sekitarnya kita bersihkan secara berkala," ujarnya.



Terkait dapur berstandar Kemenkes, tim survei simulasi Akreditasi Rumah Sakit dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kemenkes, juga telah melakukan kunjungan dan meninjau area dapur RSUD Andi Makkasau Parepare.

"Secara umum, hasil peninjauan tersebut, RSUD Andi Makkasau dinilai telah memenuhi syarat. Kendati ada sedikit hal yang menjadi catatan untuk perlu dibenahi," tandasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru