HUT Kota Palopo ke-21, Judas Amir Persembahkan Kantor DPRD Baru

Chaeruddin
Minggu, 02 Jul 2023 22:04
HUT Kota Palopo ke-21, Judas Amir Persembahkan Kantor DPRD Baru
Wali Kota Palopo HM Judas Amir didampingi Kasatpol PP Sulsel mewakili Gubernur, meresmikan kantor DPRD Kota Palopo, yang baru. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Comment
Share
PALOPO - Wali Kota Palopo HM Judas Amir kembali mempersembahkan sebuah karya pembangunan untuk masyarakat Palopo menjelang akhir masa jabatannya September 2023 mendatang.

Tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palopo ke-21, HM Judas Amir mempersembahkan bangunan megah yang difungsikan sebagai Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo.

Bangunan berlantai dua ini menelan anggaran sekira Rp30 miliar. Terletak di Kelurahan To'Bulung Kecamatan Bara, bangunan ini mulai difungsikan 2 Juli 2023 setelah diresmikan.

Menurut Judas, pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo dilakukan setelah melihat kantor yang lama sudah tidak representatif lagi digunakan dengan banyaknya kerusakan.

Baca juga: Kota Palopo Kini Punya Kampung Moderasi Beragama

"Kantor Wali Kota Palopo sudah kita bangun begitu indah dan megah. Dari situ niat saya ingin mempersembahkan bangunan yang megah pula untuk para anggota DPRD kita. Alhamdulillah, bisa terwujud dan baru saja kita resmikan tadi," ujarnya.

Dirinya mengakui, pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo sempat mendapat penolakan berbagai pihak, termasuk sejumlah fraksi di DPRD Palopo.

Namun menurutnya, penolakan tersebut tidak cukup beralasan jika dibandingkan dengan manfaat keberadaan kantor baru tersebut.

"Olehnya itu, program pembangunan Kantor DPRD yang baru tetap kita jalankan. Selama tidak melanggar aturan perundang-undangan dan aturan agama, tetap kita jalankan," tegasnya.

Baca juga: BPKAD Kembali Antar Kota Palopo Raih Opini WTP ke-8

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kota Palopo Harianto melaporkan pembangunan kantor DPRD Palopo telah dikerjakan dua tahap. Tahap pertama menelan anggaran Rp10,8 miliar.

"Pembangunan tahap pertama ini kita fokus pada tahap pembangunan strukturnya, lantai, atap dan alhamdulillah selesai pada Desember tahun 2021," sebutnya.

Selanjutnya untuk tahap kedua dengan kontrak hampir Rp22 miliar ditambah beberapa kegiatan pembangunan lainnya untuk melengkapi kawasan perkantoran DPRD, termasuk pagar Rp3 miliar dan landscape Rp1 miliar.

"Tahap tiga kita akan bangun ruang aspirasi di luar kawasan Kantor DPRD. Sehingga jika ada yang ingin menyampaikan aspirasi sudah ada tempat yang disediakan sehingga tidak langsung masuk ke gedung utama DPRD," sebutnya.



Peringatan Hari Kota Palopo ke-21 ditandai beberapa agenda resmi dan hiburan rakyat. Di antaranya, Rapat Paripurna DPRD Palopo yang juga menandai perdana penggunaan kantor DPRD baru.

Pada Minggu sore dilaksanakan Palopo Fashion Carnaval tingkat SD, SMP dan umum. Malamnya dilangsungkan hiburan rakyat dan 8 Juli mendatang dilaksanakan Libukang Fest yakni perlombaan perahu hias antar OPD dan masyarakat umum.

Khusus di Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Jadi Ke 21 Kota Palopo dengan tema "Maju, Inovatif, dan Berkelanjutan" Yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Palopo, berlangsung hikmat.

Sambutan Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Kasatpol PP Sulsel Andi Arwin Azis. Ia menyampaikan, hari jadi Kota Palopo menjadi momentum untuk lebih tangguh mengawal pertumbuhan ekonomi, serta kematangan daerah selaras dengan kemampuan pemerintah dan peran serta masyarakat untuk melangkah bersama menyongsong masa depan yang lebih maju dan sejahtera.



"Tahun ini berkat sinergitas pengelolaan keuangan daerah pemerintah yang transparan dan akuntabel yang dibangun bersama seluruh jajaran pemerintah provinsi sulsel di tahun 2023 berhasil mencapai opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi sulsel tahun 2022 oleh BPK Republik Indonesia," ujarnya.

"Kiranya capaian ini memacu semangat untuk terus bekerja lebih baik serta membangun kepercayaan masyarakat dan bukti upaya membangun perekonomian untuk sulsel yang lebih baik," tutup Arwin.

Turut diikuti oleh Forkopimda se-Tana Luwu, para anggota DPRD Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Firmanza, Bupati Luwu Utara, Ketua TP PKK Kota Palopo Utia Sari Judas, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, Para Rektor se-Kota Palopo, para Ketua Organisasi Kota Palopo, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Palopo, pimpinan vertikal, pimpinan BUMN, pimpinan partai politik, tokoh agama, tokoh wanita, pemuda, masyarakat, camat dan lurah se-Palopo.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru