Bupati Luwu Timur Puji Program Posko Jaga Desa Kejari

fitra budin
Minggu, 23 Jul 2023 20:12
Bupati Luwu Timur Puji Program Posko Jaga Desa Kejari
Malam ramah tamah Kejari Luwu Timur, Sabtu (22/7/2023). Foto: SINDO Makassar/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - Kejasaan Negeri (Kejari) Luwu Timur menggelar acara ramah tamah dalam rangka peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Pendopo Adhyaksa Malili, Sabtu (22/7/2023).

Acara dirangkai dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyakasa Dharmakarini yang dihadiri Bupati Luwu Timur Budiman, serta didampingi Ketua PKK Luwu Timur Sufriaty Budiman.

Acara yang berlangsung di pendopo Adhyaksa Malili juga dihadiri tokoh-tokoh penting, seperti Ketua Pengadilan Negeri Malili Hika Deriyansi Asril Putra, perwira penghubung, anggota DPRD Luwu Timur Najamuddin, dan perwakilan dari Polres Luwu Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Budiman menyampaikan apresiasi atas keberadaan Posko Jaga Desa yang telah dibentuk oleh jajaran Kejaksaan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa.



Terlebih lagi, Kata Budiman, di Luwu Timur saat ini telah berhasil terlaksana program bantuan keuangan khusus (BKK) sebesar Rp1 miliar rupiah per desa. Posko jaga desa ini berfungsi sebagai sarana pendampingan dari Kejaksan kepada pemerintah desa dalam pengelolaan anggaran di setiap desa.

"BKK ini menjadi program penting untuk kemajuan desa, dan kami sangat mengapresiasi upaya Kejaksaan dalam membentuk posko jaga desa sebagai sarana pendampingan," ujar Budiman.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur Yadyn, juga menegaskan peran penting posko jaga desa dalam memberikan asistensi, bimbingan, dan penyuluhan hukum kepada aparatur desa dan masyarakat.

Lalu Yadyn juga menekankan bahwa penguatan efektivitas posko jaga desa merupakan langkah preventif untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan pengelolaan keuangan dana desa dan BKK, terutama di Luwu Timur.



"Penguatan efektifitas posko jaga desa merupakan solusi preventif untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan pengelolaan keuangan dana desa dan BKK khususnya di kabupaten Luwu Timur,” kata Yadyn.

Diharapkan, dengan adanya posko jaga desa ini, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa dapat meningkat, sehingga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa dapat lebih optimal.

Acara ramah tamah dan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 serta HUT Ikatan Adhyakasa Dharmakarini ini juga diharapkan akan semakin mempererat sinergi antara Kejaksaan Negeri Luwu Timur, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam memajukan daerah, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

"Semoga sinergi ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Luwu Timur ke depannya," jelas Yadyn.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru