Menteri Pariwisata Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Pangkep Terus Berinovasi

Tim Sindomakassar
Jum'at, 11 Agu 2023 20:44
Menteri Pariwisata Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Pangkep Terus Berinovasi
Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia di Kabupaten Pangkep baru-baru ini, Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Pangkep agar terus berinovasi dan berkarya, serta membangun jejaring. Hal ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno dalam Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Pangkep, pertengahan Juli lalu. Pangkep merupakan lokasi ke-17 program Pengembangan KaTa Kreatif ini.

Menurut Sandiaga Uni, Pangkep memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor Kuliner. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif menjadi kunci dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.



Peserta yang hadir mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif merupakan pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Pangkep dengan jumlah sebanyak 200 orang.

Sandiaga mengatakan, pemerintah berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif, dengan bentuk aktivasi kegiatan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif. Sehingga, memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produknya.

Salah satu bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia ini. Selain itu, Kemenparekraf juga terus memberikan penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Pangkep.

"Dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat," kata Sandiaga.



Hadir pada kegiatan itu mendampingi Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uni Bupati Pengkep Muhammad Yusran Lalogaou.

Workshop diisi narasumber praktisi branding yaitu Akbar Moujahid. Ia berbagi pengalaman dan memberi materi tentang promosi produk kreatif di Pangkep.

Para peserta dalam workshop ini diharap dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki, sehingga dapat berdaya saing dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta meningkatkan sinergisi antar pemangku kepentingan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru