BMKG Bandara Sultan Hasanuddin Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang

Najmi S Limonu
Selasa, 12 Sep 2023 16:35
BMKG Bandara Sultan Hasanuddin Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, mengeluarkan peringatan dini angin kencang, Senin (11/9/2023). Foto: Dok/Sindo Makassar
Comment
Share
MAROS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, mengeluarkan peringatan dini angin kencang, Senin (11/9/2023).

Kepala BMKG Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Hari Triwibowo mengatakan, peringatan ini berlaku hingga 14 September mendatang.



"Kami sudah menerbitkan peringatan dini kondisi angin kencang untuk wilayah bandara sejak pagi," katanya.

Saat ini, kata dia, kecepatan angin mencapai 33 knot. Menurutnya, angin kencang memang biasa terjadi di puncak musim kemarau.

"Dari catatan kami setiap puncak musim kemarau di awal bulan minggu 1 atau 2 September terjadi angin timuran dengan kecepatan maksimum," ujarnya.

Dia menyebutkan, kondisi angin kencang ini dapat mengganggu oeprasi penerbangan terutama pada saat pendaratan pesawat.

"Yang paling mungkin umumnya unstable approach, pada saat pesawat melaksanakan prosedur pendaratan, namun baik pilot maupun di pesawat udara sendiri sudah memiliki prosedur ketika menerima informasi dari BMKG terkait kondisi angin yang terjadi diaerodrome," terangnya.

Sementara itu GM Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi menjelaskan, meski terjadi angin kencang, namun belum ada penerbangan yang terdampak.



"Berdasarkan pantauan tim di lapangan, tidak ada kendala operasional. Operasional Bandara dan penerbangan berjalan lancar tanpa kendala," terangnya.

Dia menyebutkan, tidak ada antisipasi khusus yang dilakukan menghadapi angin kencang ini.

"Tapi tentunya informasi dari BMKG ini sudah tersampaikan kepada seluruh stakeholder Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, utamanya maskapai dan pihak navigasi penerbangan," tutupnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru