Warga Desa Parigi Sambangi Gedung DPRD Wajo, Tuntut Pelantikan Kades Terpilih Ditunda

Reza Pahlevi
Rabu, 08 Nov 2023 10:43
Warga Desa Parigi Sambangi Gedung DPRD Wajo, Tuntut Pelantikan Kades Terpilih Ditunda
Ratusan Warga Desa Parigi, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menyambangi Gedung DPRD Wajo untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (7/11/23). Foto/Reza Pahlevi
Comment
Share
WAJO - Ratusan Warga Desa Parigi, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menyambangi Gedung DPRD Wajo untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (7/11/23).

Mereka meminta DPRD Wajo agar menyelesaikan masalah kecurangan yang terjadi saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Parigi, Senin 23 Oktober lalu. Dimana pada Pilkades di Desa Parigi terdapat pemilih yang tidak berdomisili di desa tersebut.

"Ada enam orang yang bukan domisili Desa Parigi tapi ikut memilih calon kades," kata Calon Kepala Desa yang tidak terpilih, Darmin di hadapan Anggota DPRD Wajo.

Bahkan Darmin juga menuding menyebut kalau Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tidak bekerja sesuai tupoksinya. "Mereka tidak bekerja, hanya melihat data pembanding saat penetapan daftar pemilih, makanya banyak warga yang bukan domisili Desa Parigi ikut memilih," ujarnya.

Olehnya itu, pihaknya meminta kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) serta DPRD Wajo agar pelantikan Kepala Desa Parigi yang terpilih ditunda.

"Kami ingin pelantikannya ditunda saja, karena sudah merugikan banyak pihak serta mencederai demokrasi," tegasnya.

Sementara penerima Aspirasi, Sudirman Meru mengatakan pihaknya akan segera meluruskan masalah yang terjadi. "Insya Allah secepatnya akan kami tindak lanjuti, apapun bentuk aspirasi sudah menjadi tugas kami di DPRD," jelas Sudirman Meru.

Untuk mencari persoalan madalah tersebut DPRD terlebih dahulu akan mendengar kedua bela pihak untuk mencari solusi dan kebenaran. "Yang harus menjawab permasalahan ini adalah PPKD dan Dinas PMD dalam memberikan penjelasannya kepada warga dan secepatnya di RDP kan," tandasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 1.077 DPT di Desa Parigi, beberapa diantaranya bukan bukan domisili Desa Parigi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru