DLH Sidrap Edukasi Warga Olah Sampah Rumah Tangga jadi Pupuk Kompos

Andi Mappanyukki
Minggu, 26 Feb 2023 17:18
DLH Sidrap Edukasi Warga Olah Sampah Rumah Tangga jadi Pupuk Kompos
Pelaksanaan Compost Day di Perumahan SMEA, Kelurahan Rijang Pitu, Kabupaten Sidrap. Foto/Andi Mappanyuki
Comment
Share
SIDRAP - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sidrap menggelar kegiatan Gerakan Compost Day di Kelurahan Rijang Pitu, Minggu (26/2/2023). Kegiatan ini merupakan program yang menunjang kegiatan Green House untuk mengedukasi warga mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos.

Kepala DLH Sidrap, Andi Faisal Ranggong, mengatakan Gerakan Compost Day ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah.



"Diharapkan kepada masyarakat aktif memilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Juga peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," ungkap dia.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Sidrap, Parasang, menambahkan penyelenggaran Gerakan Compost Day bukan kali pertama. Event serupa pernah dilaksanakan di Kompleks SKPD Sidrap sekitar lima tahun lalu, tepatnya pada 2018.

"Compost Day merupakan gerakan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas mengolah sampah organik rumah tangga secara serentak," jelas Parasang.



Gerakan Compost Day diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), dalam hal ini Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3).

"Compost Day sekaligus merupakan rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional Nasional yang diperingati 21 Februari 2023 lalu. Temanya yakni Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru