Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

Zainuddin Makkarennu Siapkan Pembuangan Sampah bagi Warga Mattirotasi dan Lainungan

Tim Sindomakassar
Sabtu, 10 Feb 2024 12:05
Zainuddin Makkarennu Siapkan Pembuangan Sampah bagi Warga Mattirotasi dan Lainungan
Zainuddin Makkarennu menyiapkan lahan untuk pembuangan sampah masyarakat Mattirotasi dan Lainungan. Foto: Istimewa
Comments
SIDRAP - Zainuddin Makkarennu, mantan Kepala Desa Mattirotasi, tergerak untuk mengatasi masalah persampahan yang dirasakan warga di Desa Mattirotasi dan Lainungan, Kecematan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap.

Untuk itu, Zainuddin yang merupakan Calon Legislatif Dapil 2 Sidrap dari Partai PKS, bakal menyiapkan lahan untuk lokasi pembuangan sampah. Selama ini, masalah sampah berserakan sering terjadi karena jauhnya tempat pembuangan akhir.

"Dari hasil silaturahmi dengan masyarakat di Mattirotasi dan Lainungan, sampah ini salah satu persoalan yang banyak dikeluhkan, karena sulit menemukan lokasi pembuangan sampah terdekat," ujar Mantan Kepala Desa Mattirotasi dua periode itu.

Karena itu, dia menyiapkan lahan pembuangan sampah yang letaknya berada di dekat perbatasan dua desa itu, yakni Lainungan dan Mattirotasi, yang merupakan lahan milik Zainuddin Makkarennu.



"Tempat sampah ini nantinya gratis, pengelolaannya tinggal diserahkan ke BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa," jelas Zainuddin Makkarennu.

Zainuddin pernah menjadi Kepala Kelurahan di Majjelling, dan melakukan berbagai aksi nyata untuk memenuhi standar penilaian tim Adipura. Walhasil, Kelurahan di Sidenreng Rappang itu dinilai positif oleh tim Adipura, hingga Sidrap meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya pada 2014 lalu.

Drs Zainuddin Makkarennu menjadi Calon Legislatif DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang Partai PKS Nomor urut 5. Dikenal dengan Pejuang Sampah sejak masih Lurah di Majjelling.

Salah satu tokoh masyarakat di Lainungan, Samir, mengaku mendukung Zainuddin untuk mewakili rakyat di Dapil 1 Watang Pulu, Tellu Limpoe dan Panca Lautang. Menurut Samir, saat dirinya masih menjadi Kepala Dusun di Lainungan, dia kerap kali berkonsultasi dengan Zainuddin Makkarennu terkait persoalan lahan dan masalah-masalah lainnya.

"Termasuk masalah sampah ini, kami bersyukur karena Pak Zainuddin menyiapkan lahan untuk mengatasi masalah sampah ini," kata dia.



Demikian halnya Azis, tokoh masyarakat Dusun Pabaresseng, Desa Mattirotasi.

"Pak Zainuddin bisa menyelesaikan persoalan dengan baik ketika menjadi Kepala Desa, karena itu kami berjuang untuk beliau," jelas Aziz.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments