Pemkab Barru Salurkan Bibit kepada 187 Kelompok Wanita Tani

Tim Sindomakassar
Senin, 29 Apr 2024 13:20
Pemkab Barru Salurkan Bibit kepada 187 Kelompok Wanita Tani
Pemkab Barru menyerahkan bibit hortikultura kepada 187 Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kabupaten Barru. Foto: Istimewa
Comment
Share
BARRU - Sebanyak 187 Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kabupaten Barru menerima bibit hortikultura berupa bibit cabai dan kacang panjang. Bupati Barru, Suardi Saleh didampingi Plt. Ketua TP PKK Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda yang menyerahkannya langsung di Baruga Singkerru Adae Rujab Bupati Barru, Senin (29/04/2024) kemarin.

Selain itu, sebanyak 10 kelompok tani se-Kabupaten Barru juga menerima bibit semangka. Acara ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan yang mendukung penurunan stunting di Barru.

Suardi menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan yang diinisiasi Dinas Pertanian ini, karena selain penyerahan bibit tanaman juga bermakna sebagai ajang silaturrahmi pasca idul fitri.

"Kami mendukung penuh kegiatan penyerahan bibit ini sebagai upaya mengatasi inflasi pangan di daerah Kabupaten Barru, dan ini merupakan wujud nyata dalam mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)," katanya.



Suardi mendorong pengoptimalan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam aneka tanaman hortikultura. Langkah ini selain bernilai ekonomis, juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Optimalisasi tanaman pekarangan tentunya mampu mencukupi ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam dan secara terus menerus. Oleh karenanya jangan berhenti menanam," harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Barru dua periode itu mengharapkan kepada para Camat untuk mengawal program pemanfaatan tanaman pekarangan ini dan kepada para PPL diharapkan bimbingannya.



Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Barru, Ahmad melaporkan penyerahan bantuan bibit kepada KWT dan Kelompok Tani dimaksudkan untuk optimalisasi tanaman pekarangan untuk mendukung ketersediaan pangan.

“Setiap KWT dan KT diserahkan sedikitnya 5000 bibit untuk ditanam di pekarangan dan diharapkan tidak ada lahan yang kosong," ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Andi Ratnawati, para Camat para Kepala BPP dan PPL se-Kabupaten Barru.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru