Gunung Ruang Kembali Erupsi, Penerbangan ke Manado Ditutup

Najmi S Limonu
Rabu, 01 Mei 2024 13:54
Gunung Ruang Kembali Erupsi, Penerbangan ke Manado Ditutup
Situasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MANADO - Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado kembali ditutup sementara pada Selasa 30 April pagi kemarin. Penutupan itu membuat sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, turut terdampak.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Taufan Yudhistira mengatakan, sudah ada lima penerbangan yang terganggu di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Satu penerbangan rute Makassar-Manado divert atau dialihkan ke Makassar, dua penerbangan rute Manado-Makassar dan dua penerbangan rute Makassar-Manado, batal.

"Tercatat sudah ada lima yang terganggu akibat penutupan operasional Bandara Sam Ratulangi, Manado," imbuhnya.



Dia menambahkan, lima penerbangan tersebut dilayani Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink.

"Reschedule maupun refund seperti sebelumnya merupakan kesepakatan antara maskapai dan penumpang," tutupnya.

Penutupan sementara di Bandara Sam Ratulangi ini masih diakibatkan oleh Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro yang kembali erupsi hebat, Selasa dini hari sekitar pukul 02.30 Wita.

Abu vulkanik yang dikeluarkan dari Gunung Ruang terbawa hingga ke ruang udara (langit) Kota Manado pagi ini. Kondisi tersebut dianggap berbahaya bagi penerbangan.



Penutupan sementara Bandara berdasarkan Notice to Airmen (Notam) Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI nomor Notam A1144/24.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru