Genjot Pembersihan Kanal, Cara Jitu Pemkab Sinjai Cegah Banjir

Tim Sindomakassar
Kamis, 16 Mei 2024 15:36
Genjot Pembersihan Kanal, Cara Jitu Pemkab Sinjai Cegah Banjir
Pemkab Sinjai intens melakukan pembersihan kanal sebagai upaya mencegah banjir. Foto: Istimewa
Comment
Share
SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati TR Fahsul Falah, terus menggenjot pembersihan drainase, kanal dan sungai di wilayah kota.

Tidak main-main, aksi nyata ini dilakukan setiap hari sejak Jumat, (03/05) lalu sampai saat ini. Pengerukan dipimpin langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Sinjai itu.

Seperti yang terlihat, Kamis (16/05) pagi, satgas dari Dinas PUPR, bersama DLHK, dan BPBD kembali turun melakukan pengerukan dan pembersihan kanal di Jalan Bulu Manyurung, Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara.



Hal tersebut merupakan wujud perhatian dan kerja nyata Pemkab Sinjai untuk menangani banjir di wilayah kota. Apalagi daerah tersebut memang kerap kali banjir ketika musim hujan tiba.

“Dalam masa tanggap darurat, kita sudah dua pekan melakukan pembersihan kanal, drainase, sungai, dan pemangkasan pohon. Ini kita lakukan sampai tanggal 30 Mei sampai berakhir masa tanggap darurat,” ucap TR Fahsul

Tidak hanya di wilayah Kecamatan Sinjai Utara, pembersihan kanal/drainase juga dilakukan di wilayah Bilopa Kelurahan Samataring, Kecamatan Sinjai Timur selama 3 hari terakhir.



Dari upaya pengerukan kanal yang selama ini telah dilakukan, TR Fahsul melihat progresnya menunjukkan hasil yang menggembirakan.

“Alhamdulillah sudah beberapa kali hujan, air sudah mengalir dengan lancar, tidak ada lagi yang tergenang. Insya Allah, dengan upaya kita ini dan dengan meminta perlindungan Allah SWT, mudah-mudahan tidak ada lagi banjir,” pungkasnya.

Selain pembersihan kanal/drainase, Pemkab Sinjai juga intens melakukan pemangkasan pohon di jalan utama wilayah kota.

Dalam waktu dekat ini, TR Fahsul juga akan menurunkan tim untuk membersihkan bekas longsor di wilayah Desa Barambang dan Desa Bonto Katute, Kecamatan Sinjai Borong.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru