Pemkab Gowa-Bulog Salurkan 54.800 Kg Beras di Kecamatan Somba Opu

Herni Amir
Kamis, 16 Mei 2024 15:51
Pemkab Gowa-Bulog Salurkan 54.800 Kg Beras di Kecamatan Somba Opu
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan bantuan beras kepada warga. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Perum Bulog Cabang Makassar kembali menyalurkan beras bantuan pangan tahap 2 tahun 2024 yang merupakan program Presiden RI, Joko Widodo.

Bantuan kali ini menyasar masyarakat di Kelurahan Pandang-Pandang Kecamatan Somba Opu, Kamis (16/5/2024).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang melepas secara langsung bantuan pangan ini mengatakan, beras tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat kurang mampu, khususnya di wilayah Kabupaten Gowa.

“Semoga dengan program ini mampu meringankan beban dari seluruh masyarakat atau saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita semua,” kata orang nomor satu di Gowa ini.



Adnan melanjutkan, program bantuan pangan ini sebagai bagian dari upaya untuk mengantisipasi dampak elnino. Dimana ada sebagian wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan sehingga berdampak pada produksi pertanian khususnya beras.

Selain itu, Bupati Adnan menegaskan bahwa bantuan pangan ini bukan bantuan politis. Mengingat tahun ini masih dalam situasi tahun politik. Menurutnya, bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat.

“Penyaluran bantuan pangan ini tidak boleh dianggap sebagain bantuan politis. Masa membantu masyarakat dianggap sebagai bantuan politis, tidak boleh. Ini bantuan untuk masyarakat yang dianggap kurang mampu,” jelasnya.

“Kadis Sosial, Ketapang, Camat dan seluruh lurah se-Kecamatan Somba Opu agar bisa segera dan cepat menyalurkan bantuan ini kepada seluruh lapisan masayarakat yang ada. Batas waktunya 7 hari tetapi kurang 7 hari lebih bagus lagi. Semakin cepat semakin baik penyaluran itu dan bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat yang menerima. Semoga berkah,” harapnya.



Pemimpin Cabang Bulog Makassar, Karmila Hasmin Marunta menyebutkan pada peyaluran bantuan pangan tahap 2 ini pihanya menyalurkan sebanyak 54.800 Kg untuk seluruh kelurahan di Kecamatan Somba Opu. Bantuan ini khusus untuk bulan April 2024, sementara untuk Bulan Mei dan Juni akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk Kecamatan Somba Opu pagunya 54.800 Kg per bulan. Kami berharap masyarakat tidak khawatir. Karena BULOG bersama pemerintah daerah terus ada dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru