Polipangkep Gandeng BSIP Tanaman Serealia Jalankan Program Magang Industri

Tim Sindomakassar
Rabu, 05 Jun 2024 11:35
Polipangkep Gandeng BSIP Tanaman Serealia Jalankan Program Magang Industri
Jajaran Polipangkep dan BSIP Tanaman Serealia usai penandatanganan MoU. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Sebagai perguruan tinggi vokasi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Polipangkep) melaksanakan magang industri bagi mahasiswa pada lembaga yang relevan dengan profil program studi. Salah satunya Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Tanaman Serealia.

Polipangkep dan BSIP Tanaman Serealia melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan ruang lingkup pelaksanaan program magang industri bagi mahasiswa Jurusan Teknologi Produksi Pertanian, Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan (TPTP).

Kerja sama ini menghasilkan luaran untuk pelaksanaan magang dan dosen industri yang akan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam dunia pertanian, khususnya dalam budidaya tanaman serealia seperti jagung, gandum, dan padi.



Melalui program magang ini, mahasiswa Prodi TPTP akan memiliki kesempatan untuk belajar langsung di lapangan dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang teknik produksi tanaman serealia, manajemen pertanian, serta inovasi terbaru dalam industri tanaman serealia.

"Dengan kerja sama ini, kami berharap dapat merealisasikan pengembangan potensi mahasiswa dan mempersiapkan kompetensi mereka untuk terjun dalam industri pertanian," ujar Direktur Polipangkep, Dr Ir Darmawan, M.P.

Selama program magang, mahasiswa akan ditempatkan di BSIP Tanaman Serealia Maros selama maksimum 3 bulan. Setiap mahasiswa akan dibekal” logbook harian untuk mendokumentasikan kegiatan di lapangan, baik aspek budidaya maupun aspek pemuliaan tanaman pangan.



"Kerja sama dengan Polipangkep dan BSIP merupakan langkah positif dalam memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan praktis serta memahami tantangan yang dihadapi dalam industri pertanian," kata Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Nur Rahmawaty Arma.

Kepala BSIP Dr Amin Nur, S.P., M.Si menyatakan, pihaknya berharap BSIP dapat berkontribusi dalam memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan akademik dan profesional di bidang pertanian.

Program magang industri bagi mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkuat keterlibatan generasi muda dalam sektor pertanian serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang siap berkontribusi dalam pembangunan pertanian berkelanjutan di Indonesia.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru