TP PKK Gowa Tanam 30.000 Bibit Cabai dan Pisang Cavendish

Herni Amir
Jum'at, 07 Jun 2024 16:26
TP PKK Gowa Tanam 30.000 Bibit Cabai dan Pisang Cavendish
Penanaman bibit pisang cavendish oleh PKK Gowa. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan penanaman serentak 30.000 bibit tanaman cabai, pisang dan pohon pelindung di 18 kecamatan.

Wakil Ketua TP PKK Gowa Mussadiyah Rauf mengatakan, gerakan penanaman serentak tersebut dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Sekaligus mengkampanyekan gerakan tanam cabai, pisang dan pohon pelindung sesuai himbauan dari tim penggerak PKK Provinsi Sulsel.

"Tingginya kebutuhan cabai terkadang membuat ketersediaan petani tidak dapat mencukupi kebutuhan dan juga mengurangi pengeluaran dari segi ekonomi masyarakat dengan menanam cabai cukup mudah sehingga ibu-ibu di kecamatan dapat melakukannya secara mandiri," ungkapnya seusai penanaman bersama Kelompok Tani Nirannuang, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, Kamis kemarin.

Mussadiyah juga mengimbau kepada seluruh anggota PKK dan masyarakat untuk bersama-sama menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing dan di kebun-kebun masyarakat. Di mana PKK bekerja sama dengan dinas tanaman pangan dan holtikultura kabupaten Gowa membagikan bibit kepada masyarakat melalui TP PKK Kecamatan.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan produksi cabai di kabupaten Gowa sehingga penanganan inflasi akan cabai bisa kita penuhi dan kita bisa menstabilkan harga cabe di pasar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Fajaruddin mengatakan, kegiatan penanaman cabai, pisang Cavendish dan pohon pelindung ini sebagai gerakan untuk ketahanan pangan Kabupaten Gowa, utamanya ketahanan pangan keluarga, yang mana PKK mendorong kelompok-kelompok Tani untuk bisa mengadakan kegiatan ini kedepannya.

"Ke depannya akan kita galakkan lagi dengan tambahan-tambahan bibit dari provinsi, bantuan-bantuan ini bisa kita lakukan dan sekira gerakan ini harus kita lakukan secara bersama-sama, " ujarnya.

Fajar memastikan program penanaman ini akan menjadi program tahunan TP PKK Gowa bersama Dinas Perkebunan dan Holtikultura.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru