6 Daerah di Sulsel Potensi Head to Head di Pilkada 2024

Ahmad Muhaimin
Senin, 10 Jun 2024 12:59
6 Daerah di Sulsel Potensi Head to Head di Pilkada 2024
Sebanyak enam kabupaten/kota berpotensi pertarungan head to head di Pilkada 2024 mendatang. Diantaranya ialah Gowa, Bantaeng, Wajo, Enrekang, Luwu Timur dan Toraja Utara. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak enam kabupaten/kota berpotensi pertarungan head to head di Pilkada 2024 mendatang. Diantaranya ialah Gowa, Bantaeng, Wajo, Enrekang, Luwu Timur dan Toraja Utara.

Diprediksi bakal calon tersebut diantaranya ialah Darmawangsyah Muin melawan Amir Uskara di Gowa, Fathul Fauzi Nurdin-Sahabuddin versus Ilham Syah Azikin-Nurkanita Kahfi/Andi Sugiarti Mangun Karim di Bantaeng, Andi Rosman-DBR menghadapi Amran Mahmud-Amran di Wajo.

Selanjutnya Yusuf Ritangnga melawan Mitra Fakruddin di Enrekang, Yohanis Bassang versus Frederik Victor Palimbong di Toraja Utara, dan Irwan Bachri Syam-Puspawati Husler menghadapi Budiman-Akbar Andi Leluasa di Luwu Timur (Lutim).

Pengamat Politik Unhas, Sukri Tamma mengatakan pada skema head to head, pemilih akan memilah dua opsi sebagai representasi calon. Apakah akan memilih untuk melanjutkan, atau perubahan.

"Dalam hitungan matematis, skema head tohead baiasanya ada upaya pemilih untuk memilih dua polarisasi pilihan. Melanjutkan rezim yang sebelumnya atau memilih yang baru," katanya.



Sukri Tamma menuturkan, pemilih juga akan merasa mudah untuk menentukan pilihan. Sebab hanya ada dua paslon yang ada di kertas suara. Di sisi lain, baik petahana dan penantang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Dalam kondisi begini akan terlihat. Akan diuntungkan bagi mereka yang misalnya rezim sebelumnya yang kurang berhasil, maka akan cenderung menguntungkan penantangnya," ujarnya.

"Jika kemudian rezim sebelumnya cukup berhasil, maka akan jadi PR berat untuk penantangnya, karena orang akan berpikir tidak ada pilihan lain untuk orang yang baru," sambungnya.

Meski begitu, akademisi Unhas ini tak menampik, petahana sedikit diunggulkan untuk skema head to head. Itu pun jika tidak ada kekeliruan atau isu-isu lain yang membuat electoral petahana tergerus.

"Tapi ada juga prinsip, musuhnya musuhku adalah kawanku. Meski saya tidak suka dia, tapi karena lawannya adalah musuhku, kita akan mendukung yang satunya (penantang)," kuncinya.



Bakal Calon Bupati Gowa, Darmawangsyah Muin mengungkapkan pihaknya siap bertarung dengan skema apapun. Baik saling berhadapan maupun banyak pasangan calon.

"Kita siap-siap aja, tidak ada masalah. Jadi intinya kan kita selalu siap dengan berbagai kemungkinan. Kita head to head, tiga pasang, empat pasang, bolehlah silakan saja," ungkap DM.

"Tapi kan proses-proses ini, kita tidak bisa memilih. Saya juga tidak bisa memilih, saya juga diundang oleh partai kawan-kawan kita. Saya tentu diundang mendaftar, ya saya mendaftar dong," sambungnya.

Khusus di Pilkada Gowa, ada juga Husnia Talenrang dan Abd Rauf Malaganni yang siap maju sebagai calon bupati. Namun sampai saat ini, belum mampu mencukupkan koalisi.

Sementara itu Ketua DPD Nasdem Enrekang, Asman tak ingin berkomentar banyak soal potensi head to head antara usungannya Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang La Tinro dengan Mitra Fakruddin. Dia bilang apapun skemanya nanti, pihaknya siap bertarung.

"Kami tidak mau menentukan itu. Nasdem siap bertarung apapun itu. Tinggal menunggu mekanisme, Nasdem akan mengusung Yusuf-Andi Tenri. Prosesnya itu ada di DPP," ungkap Asman.
(UMI)
Berita Terkait
Resmikan Kantor Permanen, Bukti PKB Diterima Masyarakat Sulsel
Sulsel
Resmikan Kantor Permanen, Bukti PKB Diterima Masyarakat Sulsel
DPW PKB Sulsel meresmikan kantor barunya di Jalan Prof Abdurrahman Basalamah pada Jumat (14/06/2024). Menariknya, kantor ini sudah bersifat permanen dan milik partai.
Jum'at, 14 Jun 2024 21:51
Harap Dukungan Kaesang, 18 Cakada Usungan Nasdem Kompak Daftar di PSI Sulsel
Makassar City
Harap Dukungan Kaesang, 18 Cakada Usungan Nasdem Kompak Daftar di PSI Sulsel
Sebanyak 18 Calon Kepala Daerah (Cakada) yang telah mengantongi rekomendasi Partai NasDem kompak mengambil sekaligus mengembalikan formulir di DPW PSI Sulawesi Selatan.
Jum'at, 14 Jun 2024 17:17
Bawaslu Sulsel Bangun Sinergitas dengan Media Awasi Pilkada Serentak 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Bangun Sinergitas dengan Media Awasi Pilkada Serentak 2024
Bawaslu RI yang difasilitasi oleh Bawaslu Sulsel menggelar acara Konsolidasi Media dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang berlangsung di Cafe Plazgozz, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Kota Makassar, pada Kamis (13/06/2024).
Kamis, 13 Jun 2024 21:54
Kunjungi Bawaslu Makassar, Herwyn Sebut Jajaran Telah Siap Kawal Pilkada 2024
Makassar City
Kunjungi Bawaslu Makassar, Herwyn Sebut Jajaran Telah Siap Kawal Pilkada 2024
Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI), Herwyn JH Malonda melakukan monitoring kesiapan Bawaslu Kota Makassar dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 pada Rabu (12/06/2024)
Kamis, 13 Jun 2024 21:10
Paslon Perseorangan, KPU Pinrang Terima 43.990 Dukungan Perbaikan, Selayar 2.212
Sulsel
Paslon Perseorangan, KPU Pinrang Terima 43.990 Dukungan Perbaikan, Selayar 2.212
Dua bakal pasangan calon perseorangan memasuki tahapan verifikasi administrasi (vermin) kesatu. Keduanya adalah Abdul Rahman Masriat-Daeng Marowa di Pilkada Kepulauan Selayar dan Bustan-Untung Pawettoi di Pinrang.
Rabu, 12 Jun 2024 13:09
Berita Terbaru