45 Pasangan Pengantin di Maros Ikut Nikah Massal

Najmi S Limonu
Kamis, 04 Jul 2024 13:52
45 Pasangan Pengantin di Maros Ikut Nikah Massal
Bupati Maros AS Chaidir Syam menjadi saksi pada nikah massal yang digelar pemerintah kabupaten. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
maros - Sebanyak 45 pasangan mengikuti nikah massal yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Maros di Gedung Mal Pelayanan Publik, Kabupaten Maros, Rabu (3/7/2024).

Uniknya, ke-45 pasangan ini diarak menggunakan becak dari Gedung Serbaguna menuju Mal Pelayanan Publik.

Pada kegiatan ini, Bupati Maros AS Chaidir Syam menjadi salah seorang saksi nikah.

Dia mengatakan, sebelum prosesi akad nikah dilaksanakan, pasangan pengantin ini terlebih dahulu mengikuti kontes tata rias dari DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Kabupaten Maros.

“Setelah dirias dan mengikuti kontes kemudian, mereka diarak menggunakan becak menuju MPP untuk akad,” ujarnya.

Chaidir mengatakan, nikah massal ini merupakan kedua kalinya digelar. Nikah massal, kata dia merupakan rangkain dari hari jadi Kabupaten Maros yang ke-65.

“Jika sebelumnya hanya 9 pasangan, sekarang lebih meriah karena ada 45 pasangan yang ikut. Kegiatan ini juga adalah rangkaian hari jadi Kabupaten Maros ke-65,” terangnya.

Mantan Ketua DPRD Maros ini menjelaskan, pasangan yang mengikut nikah massal ini langsung mendapatkan administrasi pernikahan dari Kemenag secara legal dan syar'i.

“Inilah hadiah hari jadi Kabupaten Maros, ada fasilitas administrasi kependudukan, pelayanan pemberian BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta buku nikah yang langsung jadi,” sebutnya.

Pria yang kembali mencalonkan sebagai Bupati Maros ini mengatakan dengan ikut nikah massal ini, pasangan bisa menghemat hingga jutaan rupiah. Pasalnya, pihak penyelenggara sudah memberikan fasilitas tata rias hingga katering bagi pengantin dan keluarga.

“Untuk biaya rias Rp5 juta, kemudian pasangan juga difasilitasi trasportasi gratis dari tiap kecamatan, pelaminan hingga katering,” imbuhnya.

Salah seorang pengantin, Ansyar mengaku sangat terbantu dengan adanya nikah massal ini.

Pengantin asal Moncongloe ini menyebutkan dia bisa berhemat uang administrasi nikah hingga rias.

“Kalau administrasi nikah itu sekitar Rp600 ribu sementara untuk tata rias dan pelaminan bisa sampai belasan juta,” sebutnya.

Meski menikah di MPP, Ansyar mengaku tetap disambut antusias oleh keluarga.

"Keluarga dan kerabat terdekat bahkan teman ada juga datang menyaksikan akad nikah," jelasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru