Beautiful Malino di Kabupaten Gowa jadi Magnet Investasi

Herni Amir
Sabtu, 13 Jul 2024 08:17
Beautiful Malino di Kabupaten Gowa jadi Magnet Investasi
Pembukaan Beautiful Malino 2024. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Perhelatan Beautiful Malino yang diselenggarakan untuk ke lima kalinya mampu menjadi magnet investasi di Kabupaten Gowa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membuka perhelatan event wisata tahunan Pemkab Gowa itu di hutan pinus Malino, Sabtu (12/7) petang.

Orang nomor satu di Gowa itu menyebut, sejalan dengan pelaksanaan Beautiful Malino, juga mendorong semakin meningkatnya investor tetmasuk di bidang pariwisata.

Terbukti di tahun 2024 ini sebanyak total Rp8,1 triliur yang telah berinvestasi dan Rp400 miliar diantaranya merupakan investasi di bidang pariwisata.

"Dengan terjadinya peningkatan wisatawan yang datang ke sini, itu mendapatkan efek domino yang sangat positif salah satunya adalah nilai investasi di Kabupaten Gowa khususnya di bidang pariwisata," jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini.

Menurut Adnan, sekitar Rp400 miliar dari total investasi Rp8,1 triliun di tahun 2023 lalu, adalah di bidang patiwisata. Hal ini menunjukkan bahwa minat investor untuk berinvestasi di bidang pariwisata semakin membaik karena hadirnya event Beautiful Malino ini yang dilaksanakan secara konsisten sejak tahun 2017 hingga.

"Dan itu artinya berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Lapangan pekerjaan pasti akan terbuka seluas-luasnya dan itu akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa," ungkapnya.

Sementara itu, untuk tingkat kunjungan sendiri, di tahun 2017 sebanyak 19.427 orang, tahun 2018 sebanyak 23.775 orang, 2019 sebanyak 24.010, dan 2023 tercapai hingga 60.275 orang dengan target 26.000 orang.

"Diharapkan kita terus memiliki komitmen untuk bisa melanjutkan event Beautiful Malino ini karena seluruh masyarakat sangat merespon baik dan terbukti dengan kunjungan yang semakin banyak setiap tahunnya dan perputaran uang yang juga sangat meningkat," harapnya.

Sementara Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh sangat mengapresiasi pelaksanaan event tahunan Pemerintah Kabupaten Gowa ini.

"Ini adalah event yang sangat bagus, kami dari provinsi mendukung penuh sehingga semoga tahun depan terus kita lanjutkan dan tambah ramai lagi bahkan mampu membuat masyarakat bergerak bersama untuk mengembangkan pariwisata di tingkat lokal Gowa hingga regional se-Sulawesi Selatan yang diharapkan terus masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI," harapnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru