CIMB Niaga Hadirkan Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya, Makassar Jadi Kota Pertama

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 15 Jul 2023 14:45
CIMB Niaga Hadirkan Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya, Makassar Jadi Kota Pertama
Manajemen CIMB Niaga dan Ketua Hipmi Sulawesi Selatan Andi Rahmat Manggabarani tampak berbincang di panggung program acara Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Phinisi Point Mall Makassar, Sabtu (15/7/2023).
Comment
Share
MAKASSAR - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulawesi Selatan menghadirkan program Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Phinisi Point Mall, Kota Makassar. Event ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (15-16/7/2023), diikuti 25 merchant dan 750 audience.

Seremoni pembukaan berlangsung meriah dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting. Di antaranya Ketua Umum BPP Hipmi Akbar Himawan Buchari, Ketua Hipmi Sulawesi Selatan Andi Rahmat Manggabarani, Komisaris Independen CIMB Niaga Jeffrey Kairupan, Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S. Ilham, dan Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar.

Lewat event ini, CIMB Niaga menunjukkan komitmen mendukung pengembangan bisnis para pengusaha muda di Indonesia Timur. Kegiatan ini memberikan kesempatan mentoring bisnis bersama para ahli, memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produk-produk UMKM agar dikenal pasar yang lebih luas.



Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga, Ahmad S Ilham, menceritakan pelaksanaan program ini merupakan wujud kolaborasi memajukan negeri lewat pengembangan UMKM. Hipmi digandeng lantaran memiliki tujuan serupa yakni mengakselerasi perekonomian, khususnya pengusaha baru atau UMKM baru.

"Ini kolaborasi yang sangat baik dan Makassar menjadi kota pertama yang melaksanakan Kejar Mimpi Lokal Berdaya," kata Ilham, pada acara media gathering yang digelar sebelum seremoni pembukaan kegiatan.

Menurut Ilham, sektor UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) maupun dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Di samping peran strategis tersebut, potensi pengembangan UMKM di Indonesia juga masih sangat terbuka, terlebih saat ini semangat kewirausahaan masyarakat juga terus meningkat, termasuk di Makassar dan Indonesia Timur.

“Karena itu, kami berinisiatif untuk menyelenggarakan Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang pertama di Makassar sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan, mentoring bisnis, dan networking bagi para entrepreneur di Makassar dan Indonesia Timur. Melalui kegiatan ini kami berharap lebih banyak pengusaha UKM yang terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa naik kelas. Dengan begitu makin besar manfaat dan kontribusi yang diberikan baik untuk masyarakat maupun perekonomian daerah,” jelas Ilham.

Pada kesempatan yang sama, Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga, Muhamad Firdaus Andjar, menuturkan sebagai wujud dukungan nyata bagi para pengusaha UMKM di Makassar, acara Kejar Mimpi Lokal Berdaya menghadirkan para business expert yang memandu dan membantu pelaku UKM melalui mentoring bisnis.

Mereka adalah Budi Isman selaku CEO & Founder @Biznis.id yang mengulas tema Memperkuat Fondasi untuk Ekspansi Bisnis, Suntoro Suciatmaja dari Master of Chinese Metaphysic membahas Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan dengan Personalisasi Target Market, dan Feriani Chung selaku Chief Marketing Officer ZAP Clinic yang membagikan strategi marketing untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.



Turut hadir pula Andi Rahmat Manggabarani selaku Ketua Umum Hipmi Sulsel, Greget Kalla Buana Islamic Finance Specialist, dan Indah Nada Puspita Founder Nada Puspita Scarf, yang membahas Industri Halal: Strategi Memenangkan Pasar di Indonesia dan ASEAN.

Tentunya, Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar juga mengulas topik penting lainnya seperti Menjadi Pemain Utama di Pasar Indonesia melalui Inovasi dan Transformasi Bisnis. Materi itu dibahas oleh Tony Tardjo Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga dan Sutrisno Kurniawan selaku Managing Director Kurniawan Group.

Selain mentoring dan networking tersebut, Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar juga menghadirkan keseruan lain yaitu pameran produk lokal dengan berbagai promo menarik. Di samping itu, ada pula hiburan dari musisi ternama Tanah Air, stand up comedian, serta entertainer lokal.

Khusus di Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar, CIMB Niaga juga mengadakan talkshow bersama komunitas Berdaya Bareng yang mengulas Program Community Link #JadiBerkelanjutan. Progam CIMB Niaga yang berfokus pada pelatihan dan pemberdayaan ekonomi bagi pelaku UMKM wanita dan teman disabilitas di Indonesia Timur.

Adapun pembicaranya yaitu Jeffrey Kairupan (Komisaris Independen CIMB Niaga), Pratiwi Hamdhana (Co-Founder Berdaya Bareng), dan Musridawanti (Owner Whantie Collection, salah satu dari 50 peserta Program Community Link #JadiBerkelanjutan yang lulus dan mendapat pinjaman tanpa bunga dari CIMB Niaga).

“Kejar Mimpi Lokal Berdaya hadir untuk merealisasikan mimpi besar para pebisnis UKM di berbagai daerah agar bisa terus berkarya, berdaya, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan hadir langsung di daerah, kami berharap CIMB Niaga dapat lebih dekat dan menjadi solusi finansial untuk mewujudkan mimpi para pengusaha lokal di Indonesia,” tutur Ilham.

Sementara itu, Ketua Hipmi Sulawesi Selatan, Andi Rahmat Manggabarani, mengapresiasi pelaksanaan program Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Makassar. Kegiatan ini disebutnya wujud kolaborasi yang sangat baik dan tentunya memiliki manfaat positif yang juga sangat baik untuk pengembangan UMKM.



"Ini kegiatan yang sangat baik, bagaimana mendorong jiwa kewirausahaan dengan memberikan akses seluas-luasnya, juga mentoring dan networking. Ya inilah yang dibutuhkan (pengusaha muda/baru dan UMKM)," tuturnya.

Seperti diketahui, Kejar Mimpi Lokal Berdaya merupakan perluasan dari Kejar Mimpi Berani Bisnis yang merupakan bagian dari gerakan Kejar Mimpi untuk segmen entrepreneur. Sebelumnya Kejar Mimpi Berani Bisnis telah hadir sejak 2021 dengan berbagai event online seperti Berani Bisnis Fest, dan Ngobiz.

Kini, melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya CIMB Niaga terus menjangkau para pelaku UKM di luar Jakarta. Fokus utama dari Kejar Mimpi Lokal Berdaya adalah untuk mengembangkan potensi UKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, CIMB Niaga siap menjadi financial partner pagi para pengusaha UKM di daerah dalam mengembangkan bisnisnya. CIMB Niaga memiliki produk dan layanan yang lengkap untuk para pengusaha UKM mulai dari pinjaman rekening koran XTRA Manfaat, tabungan/giro (Giro Kartini dan Usaha), hingga layanan pengelolaan keuangan secara digital melalui BizChannel@CIMB. Dukungan optimal tersebut sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi bank pilihan para pelaku usaha dan nasabah di Indonesia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru