Pengolahan Air Bersih untuk Warga Tallo, Pemanfaatan Air Hujan jadi Alternatif

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 26 Mei 2023 15:30
Pengolahan Air Bersih untuk Warga Tallo, Pemanfaatan Air Hujan jadi Alternatif
Dosen Fakultas Teknik Unhas, Rita Tahir Lopa, saat memaparkan materi pada webinar ketiga CGP dengan tema Solusi Alternatif Penyaringan Air Bersih dan Pengolahan Air Limbah untuk Rumah Tangga.
Comment
Share
MAKASSAR - Celebes Green Project (CGP) kembali melaksanakan webinar ketiga. Ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan CGP yang tergabung dalam Tim 9 untuk pilot project di Kota Makassar.

Mengangkat tema 'Solusi Alternatif Penyaringan Air Bersih dan Pengolahan Air Limbah untuk Rumah Tangga'. Dilaksanakan secara daring pada Jumat (26/5/2023). Dalam webinar itu, juga dipaparkan soal pemanfaatan air hujan sebagai air bersih, bahkan air minum.



Program Manager Celebes Green Project, Indah Arifah Febriany, mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi dari pelatihan tersebut, didapatkan beberapa data yang memungkinkan dilakukan eksplorasi lebih lanjut sehingga menghadirkan hal tersebut dalam bentuk Webinar.

"Webinar ketiga ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan CGP yang tergabung dalam Tim 9 untuk pilot project di Kota Makassar," tuturnya.

Ini juga hasil monitoring dan evaluasi dari training penggunaan air yang tepat. Berharap kegiatan ini bisa memberikan informasi dan tambahan ilmu atas permasalahan air di tengah masyarakat.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Rita Tahir Lopa, menjelaskan menciptakan air bersih dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan air hujan.

"Tidak harus menumpu pada dana yang besar, berkolaborasi dengan masyarakat untuk menciptakan air bersih 100%. Dapat memanen air hujan," ungkap Rita Tahir.

Menurut dia, memanen air hujan untuk konsumsi, diperlukan beberapa proses pengolahan untuk mendapatkan standar baku air bersih. Kendati demikian, penyedia air bersih sering mendapatkan tantangan terhadap penyedia lahan dan penentuan titik air.



Urban Sanitation Specialist USAID IUWASH Tangguh, Selviana Hehanussa, ikut menjelaskan pengaruh limbah domestik masyarakat terhadap air bersih. Seperti limbah Grey Water yang berasal dari air cucian dan Black Water berasal dari pembilasan toilet.

"Di setiap kabupaten kita ada peraturan daerah dalam pengolahan air limbah domestik," tutur Selviana.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru