Disdik Sulsel Rencana Libatkan Sekolah Swasta pada PPDB 2024

Gusti Ridani
Selasa, 25 Jul 2023 21:21
Disdik Sulsel Rencana Libatkan Sekolah Swasta pada PPDB 2024
Dinas Pendidikan Sulsel berencana melibatkan sekolah swasta pada PPDB tahun depan. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Seluruh tahapan PPDB di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah berakhir, namun masih meninggalkan berbagai persoalan. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel berencana untuk melibatkan pihak swasta dalam PPDB tahun 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Nadjamuddin, menjelaskan pelibatan sekolah swasta pada PPDB tahun berikutnya itu menjadi perencanaan yang bakal dilakukan oleh pihaknya. Kata dia, itu juga sebagai salah satu usaha untuk menciptakan pemerataan kualitas pendidikan.



“Kan selama ini kita tidak pernah libatkan dia (sekolah swasta) di PPDB. Kita mau buka PPDB online melibatkan sekolah swasta, misalnya kita beri tiga pilihan, wajib nanti sekolah (pilihan) ketiga itu sekolah swasta,” ujarnya, Selasa (25/7/23).

Ia mengatakan, perkembangan pada sekolah swasta tentu akan diperhatikan, dengan melihat beberapa instrumen yang tentu juga akan dilakukan evaluasi terhadap kualitas dan perkembangannya. Bahkan, jika tidak ada perkembangan, ia menyarankan untuk melakukan penutupan.

“Tapi kita lihat juga sekolah swastanya, (tidak semua sekolah swasta). Kita mau evaluasi, Kalau tren sekolah swasta ini tidak berkembang. Kita mau evaluasi dulu sekarang. Kalau toh memang sekolah swasta itu tidak bisa berkembang, lebih baik kita tutup saja kalau gitu,” sebutnya.



Iqbal menyebut, tidak meratanya ketersediaan dan daya tampung sekolah pada pemukiman padat juga menjadi salah satu faktor kekisruhan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terutama pada jalur zonasi. Sehingga, pemerataan sekolah di Kota Makassar secara khusus untuk SMA- sederajat perlu dilakukan.

“Kita mau tekankan di tahun depan, itu memang khusus di Makassar ini pemerataan sekolah yang tidak ada, ini yang sekarang kita mau benahi, di perencanaan,” kata Iqbal.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru