Nurdin Halid Kembali Pimpin IKA UNM Periode 2023-2028

Luqman Zainuddin
Sabtu, 18 Nov 2023 08:38
Nurdin Halid Kembali Pimpin IKA UNM Periode 2023-2028
Nurdin Halid terpilih sebagai Ketua IKA UNM periode 2023-2028. Foto: SINDO Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Nurdin Halid (NH) kembali memimpin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2023-2028. Ia terpilih secara aklamasi pada Mubes ke-VIII di Four Point by Sheraton, Jumat 17 November malam.

Sejak Mubes dibuka pada Jumat siang, nama Nurdin Halid memang didorong untuk kembali memimpin IKA UNM oleh peserta Mubes. Bahkan, tak ada figur calon yang mendaftar di kepanitiaan.

Ketua Majelis Pakar IKA UNM Andi Djamaro Dulung menyebut, Nurdin Halid memenuhi syarat sebagai seorang ketua IKA. Makanya Nurdin Halid layak untuk memimpin IKA di periode kedua.

Menurut Andi Djamarro, IKA UNM harus dipimpin oleh tokoh yang memiliki tiga "akar". Pertama, akar di kampus kuat, kedua masyarakat nasional, dan di dunia internasional kuat.

"Nurdin Halid memenuhi tiga kriteria itu. Dua periode cukup," kata Andi Djamarro.

Usai terpilih, Nurdin Halid mengatakan ada beberapa program strategis yang akan dibahas dalam rapat kerja nasional tersebut. Salah satunya, bagaimana IKA UNM ikut berkontribusi memaksimalkan dan memanfaatkan bonus demografi.

“Oleh karena itu, di dalam mubes ini kita telah memutuskan untuk membentuk sayap pemuda,” ujarnya.

Sebelum dipilih, Nurdin Halid mengaku, sudah cukup bagi dirinya untuk mengemban jabatan ini. Hanya saja, ini amanah yang dipercayakan di pundaknya, sehingga dia tidak punya kekuatan untuk menolak hal tersebut.

”Periode masa bakti saya 2018-2023 sudah selesai, jadi sudah cukup. Saya memberi ruang kepada seluruh alumni, ini pertama kali Mubes dikembangkan secara demokratis,” ungkapnya.

Rektor UNM Prof Husain Syam menilai nama kampus bisa kian tersohor setelah dipimpin sosok yang berpengaruh.

”Saya sebagai dewan pembina dan Rektor tentu merasa bangga. Saya paham, yang membuat universitas maju, salah satunya kiprah alumni. Karena alumni corong di masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, sosok Nurdin Halid merupakan sosok figur yang mampu menjadi penggerak dalam sebuah organisasi.

”Pak NH ini kan mampu, dia juga pasti mau. Jadi IKA alumni sebagai wadah harus dipimpin figur yang bisa menjadi penggerak. Pak NH bisa untuk itu,” pungkasnya.

Rektor dua periode ini mengatakan, Mubes tersebut memperlihatkan dengan jelas bahwa IKA UNM mampu menangkap momentum politik.

”UNM memang harus bisa mengambil momentum, memberi pikiran untuk siapa saja yang menjadi pemimpin kita. Di sarasehan ini teman-teman bisa memberikan kontribusi pemikiran dan harapan, terkait masa depan yang lebih baik,” bebernya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru