Buka Puasa Bersama di Kota Makassar Masuk Rekor Muri

Agus Nyomba
Rabu, 13 Mar 2024 23:15
Buka Puasa Bersama di Kota Makassar Masuk Rekor Muri
Ribuan masyarakat ikut buka puasa bersama di Anjungan Pantai Losari, Jln Penghibur, Makassar, Rabu (13/7/2024). Mereka yang hadir membentang sepanjang 2140 meter. Foto: Maman Sukirman
Comment
Share
MAKASSAR - Buka puasa bersama yang digelar Pemerintah Kota Makassar bersama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi dan Yayasan I-Salam berjalan hikmat di Anjungan Pantai Losari, Rabu, (13/03/2024) berhasil masuk dalam catatan rekor muri sebagai kegiatan buka bersama terpanjang.

Pihak Rekor MURI Indonesia menyerahkan plakat dan sertifikat kepada Pemkot Makassar sebagai peraih rekor Indonesia buka puasa terpanjang di Indonesia, karena membentang 2,14 kilometer (km) pada pelaksanaannya.



Pihak dari Kerajaan Arab Saudi yang hadir, Kepala Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Syech Ahmad Al-Hazimi, Wakil Kepala Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Arab Saudi, dan Kedutaan Besar Arab Saudi Ibrahim Hasan Al-Maasy turut menyaksikan ramainya gelaran buka puasa bersama di Kota Daeng tersebut.

Selain itu, turut hadir perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto merasa sangat terhormat atas dipilihnya Makassar oleh Kerajaan Arab Saudi sebagai lokasi buka puasa terpanjang.

“Suatu kehormatan dipilihnya Makassar jadi buka puasa terpanjang untuk memecahkan rekor muri," ujar Danny Pomanto kemarin.

Persiapan dilakukan kurang dari tiga hari kata Danny. Namun semangat dan antusias masyarakat ikut dalam buka puasa ini sangat tinggi.

Pemkot Makassar kata Danny Pomanto ikut berkontribusi untuk memfasilitasi 10 ribu masyarakat yang ikut berbuka puasa di tempat kebanggan Kota Makassar ini. "Jangankan 10 ribu 15 ribu pun kita bisa menerima di tempat yang kita banggakan Pantai Losari ini," kata Danny Pomanto.



Menurutnya, kegiatan tersebut selaras dengan semangat Pemerintah Kota Makassar untuk memperkuat semua umat.
Pemkot Makassar punya program Jagai Anakta, juga menyekolahkan anak-anak lorong menjadi tahfiz guna mengisi ruang-ruang Kota dengan alquran menjadi cahaya.

Ketua Panitia Buka Puasa Terpanjang Riswan Ilyas mengatakan, kegiatan ini menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dengan Kerajaan Saudi Arabia sebagai negara islam terbesar penjaga dua kota suci, yakni Mekah dan Madinah.

Untuk jumlah peserta ditargetkan sekitar 10.000 orang. Nantinya orang-orang membentuk barisan sepanjang 2,5 kilometer. Kegiatan ini adalah kali ketiga dilaksanakan pihak Kerajaan Saudi Arabia.

Pada tahun pertama buka puasa massal di gelar di Masjid Istiqlal Jakarta. Selanjutnya, disusul tahun kedua di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat dan tahun ini dipusatkan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kita berharap kegiatan ini mengangkat Provinsi Sulsel umumnya dan Kota Makassar di mata internasional, khususnya negara-negara Islam, sebagai salah satu kota metropolitan di kawasan timur Indonesia," ujarnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru