Peresmian Kantor, Konsulat Kroasia di Makassar Mulai Buka Penjajakan Kerjasama

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 07 Jun 2024 23:34
Peresmian Kantor, Konsulat Kroasia di Makassar Mulai Buka Penjajakan Kerjasama
Konsul Kehormatan Republik Kroasia di Makassar, Munafri Arifuddin menggelar acara simbolis peresmian kantor perwakilannya di Hotel Novotel pada Jumat (07/06) malam. Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Konsul Kehormatan Republik Kroasia di Makassar, Munafri Arifuddin menggelar acara simbolis peresmian kantor perwakilannya di Hotel Novotel pada Jumat (07/06/2024) malam.

Acara ini dihadiri Duta Besar (Dubes) Kroasia untuk Indonesia Nebosja Koharovic, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Kementerian Luar Negeri dan Eropa Republik Kroasia Petar Mihatov, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari dan undangan lainnya.

Munafri mengatakan kantornya sementara proses pembuatan yang akan disiapkan di Menara Bosowa. Terpenting saat ini, pihaknya sudah resmi menjadi perwakilan Konsul Kehormatan Republik Kroasia di Makassar.

"Sehingga ketika ada hubungan yang menyangkut bisnis, bilateral, pertukaran pelajar dan sebagainya, maka kita akan fasilitasi dengan lembaga, perusahaan yang ada di Kroasia," kata Munafri saat ditemui usai acara.



Appi sapaannya menuturkan, selama seharian ini pihaknya langsung melakukan penjajakan. Mulai dari bertemu Pj Gubernur Prof Zudan, Walikota yang diwakili Pj Sekda Firman Pagarra, hingga ke Universitas Hasanuddin (Unhas).

"Sehingga dari pertemuan-pertemuan ini, kita sudah bisa mulai satu atau dua hal yang bisa kita lakukan. Kalau dari Unhas ya, namanya pertukaran mahasiswa mereka sangat mau, dari gubernur ingin membuka jalur bisnis, dari walikota juga begitu," ujarnya.

"Kita akan membuat sister city Makassar dengan kota di sana. Mungkin sektor pariwisata, karena mereka kan incomenya dari pariwisata. Bayangkan penduduknya cuma 4 juta, tapi punya wisatawan lebih 20 juta setiap tahun, besar sekali," sambungnya.

Sementara itu, Nebosja Koharovic mengungkapkan pihaknya sedang konsentrasi untuk menciptakan sister city. Serta membangun kapastias manusia dengan manusia, untuk sama-sama mengembangkan sumber dayanya.

"Mereka melirik kerjasama dagang melalui port to port. Karena dulu beberapa tahun lalu sempat ada di Surabaya langsung direct port ke sana, dan kita akan lakukan penjajakan lagi," ungkapnya.



Nebosja Koharovic menjelaskan alasannya memilih Makassar menempatkan Konsul Kehormatan Republik Kroasia. Salah satu alasannya karena kota ini merupakan salah satu kota terbesar dan menjadi pintu gerbang Indonesia bagian Timur.

"Infrastktur yang ada di sini lebih baik dibanding daerah di Indonesia bagian Timur lainnya, sehingga ini akan memudahkan jika ada Kerjasama yang ada," ungkapnya.

"Kedua Makassar adalah daerah yang punya pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. Kita sudah lihat sehingga dari Makassar ini (pihak yang mau bekerjasama) bisa datang ke Makassar untuk bisa berhubungan dengan kroasia," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru