26 Komisioner Bersaing jadi Anggota KPU dan Bawaslu Sulsel

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 17 Mar 2023 08:00
26 Komisioner Bersaing jadi Anggota KPU dan Bawaslu Sulsel
Tim Seleksi Calon Komisioner KPU Sulsel Periode 2023-2028. Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Timsel KPU dan Bawaslu Provinsi sudah mengumumkan daftar calon anggota yang dinyatakan lolos seleksi tes tertulis dan psikologi, serta kesehatan dan wawancara. Masing-masing 28 nama dari KPU dan 14 nama dari Bawaslu.

Pada seleksi KPU Provinsi, sebanyak 15 nama komisioner yang dinyatakan lulus. Tiga petahana yakni Upi Hastuti, Fatmawati dan Uslimin. Satu petahana yakni Asram Jaya dinyatakan gugur.

Sebanyak 10 nama lainnya merupakan komisioner kabupaten/kota. Diantaranya ialah Romy Harminto di Makassar, Aco Ilham di Sidrap, Nuzul Fitri dan Tasrif di Gowa, Haslipa di Enrekang, Abdul Thayyib Wahid Ramli di Luwu, Hasruddin Husain di Parepare, Muhammad Naim di Sinjai, Iswandi Ismail di Palopo, Andi Tenri Sampeang di Wajo.

Adapun dua komisioner Bawaslu Provinsi yang mendaftar sebagai Bacalon Anggota KPU Provinsi juga lolos. Diantaranya ialah Laode Arumahi dan Azry Yusuf.

“Dari Peraturan KPU, menetapkan di tahap wawancara sebanyak 4 kali kebutuhan sejumlah 28 orang. Dan di tahap akhir seleksi, 2 kali kebutuhan sebanyak 14 orang,” kata Ketua Timsel KPU Provinsi, Nur Fadhilah Mappaselleng.



Dhilah sapaannya mengatakan, 28 calon Anggota KPU Provinsi ini akan menjalani tes kesehatan dan wawancara. Dijadwalkan mulai Kamis (16)3) kemarin sampai Jumat (17/3) hari ini.

“Selanjutnya ialah tes kesehatan dan wawancara. Para peserta diminta segera persiapkan kesehatan yang prima,” ujarnya.

Sementara itu, Timsel Bawaslu Provinsi mengumumkan 14 nama calon anggota. Ada 11 diantaranya merupakan komisioner yang terdiri dari petahana, dan juga kabupaten/kota.

Diantaranya ialah Adnan Jamal, Amrayadi, Asradi dan Saiful Jihad yang merupakan petahana Bawaslu Provinsi. Selanjutnya Abdul Hafid di Makassar, Abdul Malik di Wajo, Andarias Duma di Toraja Utara, Asbudi Dwi Saputra di Palopo, Muhammad Saleh di Bantaeng dan Samsuar Saleh di Gowa.

Berikutnya Alamsyah merupakan Ketua KPU Pinrang. Adapun Mardiana Rusli mantan Komisioner KPU Sulsel, Andi Muhammad Ilham, Komisioner KPI Sulsel dan Aswiwin, Komisioner Ombudsman Sulsel.



"Untuk tahapannya, timsel sudah berakhir dengan diumumkannya hasil ini. Sisa kami laporannya, lalu kirimkan ke Bawaslu RI," ungkap Ketua Timsel Bawaslu Sulsel, Suparno pada Kamis (16/3) kemarin.

Suparno melanjutkan, Bawaslu RI yang akan menentukan 7 orang yang berhak menjabat Komisioner Bawaslu Sulsel Periode 2023-2028. "Sedangkan 7 orang lainnya itu berstatus cadangan pengganti," sebutnya.

Menurutnya, dalam penentuan 7 komisioner yang terpilih, memang bukan merupakan domain dari timsel lagi. Sebab masih ada tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk 14 calon ini.

"Dan yang akan akan uji langsung itu mungkin Komisioner Bawaslu RI. Lokasinya juga mungkin di Jakarta. Jadi calon ini akan ke Jakarta untuk tes selanjutnya," kuncinya.

Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi bersyukur namanya bisa lolos sampai ke tahap ini. Ia juga tak lupa meminta dukungan dari masyarakat. “Terima kasih banyak. Mohon doa dan support ta,” tutupnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru