Kapolda Sulsel yang Baru Kembali Ingatkan Netralitas Personel

Tim Sindomakassar
Kamis, 03 Okt 2024 16:31
Kapolda Sulsel yang Baru Kembali Ingatkan Netralitas Personel
Kapolda Sulsel yang baru Irjen Pol Yudhiawan saat memberikan pegarahan kepada jajaran personel terkait pentingnya netralitas pada Pilkada Serentak tahun ini. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kapolda Sulsel yang baru Irjen Pol Yudhiawan, kembali mengingatkan pentingnya netralitas para personel jelang pelaksanaan Pilkada Serentak di Sulsel tahun ini.

Hal ini disampaikan Irjen Pol Yudhiawan didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Nasri dan Irwasda Kombes Pol Ai Afriandi serta Pejabat Utama Polda Sulsel saat melaksanakan Commander Wish di Aula Mappaodang Polda Sulsel, Kamis (03/10/24).



Kegiatan tersebut dihadiri para Kapolres Jajaran Polda Sulsel dan Personel Polda Sulsel. Dalam arahannya, Kapolda menekankan beberapa poin penting, salah satunya terkait persiapan pelantikan Presiden Republik Indonesia yang akan datang.

Ia meminta seluruh personel Polda Sulsel untuk bekerja dengan baik dan penuh keikhlasan, serta tetap patuh pada aturan yang berlaku dalam menjalankan tugasnya. “Anggota harus bekerja sesuai dengan aturan, melindungi, mengayomi, melayani, dan memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas),” ujar Irjen Pol. Yudhiawan.

Kapolda juga memberikan perhatian khusus terhadap kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Selatan. Ia menginstruksikan seluruh personel Polda Sulsel untuk menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing dalam menurunkan Indeks Kerawanan Pemilu.

Netralitas personel Polri ditegaskan dalam pelaksanaan tugas Pilkada ini, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 Pasal 28 ayat (1), yang menegaskan bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Kami memerintahkan setiap personel untuk terjun langsung menjalin hubungan baik dengan masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” ujar Irjen Pol Yudhiawan.

Dalam hal ini, Bhabinkamtibmas diinstruksikan untuk berkoordinasi ke daerah-daerah guna melayani, melindungi, dan menjaga kamtibmas sehingga Pemilu Serentak 2024 di Sulawesi Selatan dapat berlangsung aman dan damai.

Kapolda juga menekankan pentingnya membangun kepercayaan publik terhadap Polri dengan melayani masyarakat secara cepat dan responsif, sesuai dengan Pasal 30 ayat (4) UUD 1945, yang mengatur tugas Polri untuk menjaga keamanan, melindungi, mengayomi, dan menegakkan hukum.



Tak kalah penting, Kapolda memberikan peringatan tegas terkait disiplin anggota. Setiap pelanggaran yang dilakukan oleh personel Polda Sulsel akan ditindak tegas melalui disiplin, kode etik, hingga pidana jika diperlukan.

Selain itu, Kapolda juga menekankan pentingnya proses penerimaan anggota Polri yang transparan dan akuntabel, untuk melahirkan personel yang humanis, bertanggung jawab, serta berkompeten.

Adapun 7 Program Kebijakan Kapolda Sulsel yaitu, Pertebal Keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Utamakan Pencegahan Gangguan Kamtibmas, Maksimalkan Capaian Target, Penyerapan Anggaran, Tidak Boleh Ada Pelanggaran Yang Dilakukan Oleh Anggota Polda Sulsel Mampu dan Menguasai Teknologi Informasi, Junjung Tinggi Netralitas Dalam Pilkada.

Di akhir arahannya, Kapolda mengajak seluruh personel untuk selalu berbuat kebaikan, meskipun sekecil apapun, karena menurutnya setiap perbuatan baik pasti akan mendapatkan balasan yang luar biasa di kemudian hari.
(GUS)
Berita Terkait
Kapolda Sulsel yang Baru Disambut Tarian Tradisional dan Anggaru
News
Kapolda Sulsel yang Baru Disambut Tarian Tradisional dan Anggaru
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi berganti. Kapolda Sulsel yang baru Irjen Pol Yudhiawan didampingi istrinya, Yunita Yudhiawan tiba di Markas Polda Sulsel
Rabu, 02 Okt 2024 15:09
Empat Kapolda Masuk Daftar Mutasi, Termasuk Kapolda Sulsel
News
Empat Kapolda Masuk Daftar Mutasi, Termasuk Kapolda Sulsel
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk 4 Kapolda dan 4 Wakapolda baru di jajaran Korps Bhayangkara dalam mutasi Polri terbaru tanggal 20 September 2024. Termasuk didalamnya yakni Kapolda Sulsel Irjen Andi Rian R Djajadi.
Minggu, 22 Sep 2024 19:41
Serukan Pilkada Damai, Kapolda Sulsel Bagikan Sembako ke warga Pulau Lae-lae
News
Serukan Pilkada Damai, Kapolda Sulsel Bagikan Sembako ke warga Pulau Lae-lae
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi melakukan kunjungan ke Pulau Lae-lae, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, guna bertemu langsung dengan masyarakat setempat, Senin, (16/9/2024).
Senin, 16 Sep 2024 19:39
Ormas Barak Desak Kepolisian Tangkap Pembuat Flyer Fitnah Terhadap Kapolda Sulsel
News
Ormas Barak Desak Kepolisian Tangkap Pembuat Flyer Fitnah Terhadap Kapolda Sulsel
Barisan Anak Kolong atau BARAK Sulawesi Selatan (Sulsel) mendesak agar aparat kepolisian segera bertindak melakukan langkah hukum terhadap beredarnya flyer tudingan fitnah kepada Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi.
Sabtu, 07 Sep 2024 10:34
Kapolda Sulsel Apresiasi Pendemo Kawal Putusan MK di Makassar Berjalan Tertib
News
Kapolda Sulsel Apresiasi Pendemo Kawal Putusan MK di Makassar Berjalan Tertib
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pendemo 'Kawal Putusan MK' di Kota Makassar karena berlangsung tertib.
Kamis, 22 Agu 2024 22:46
Berita Terbaru