Pemprov Sulsel Tambah Anggaran Rp5 M untuk Pembangunan Masjid 99 Kubah

Gusti Ridani
Kamis, 04 Mei 2023 18:06
Pemprov Sulsel Tambah Anggaran Rp5 M untuk Pembangunan Masjid 99 Kubah
Ikon Wisata Religi di Kota Makassar, Masjid 99 Kubah terus dibenahi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menambah anggaran tahun ini. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Ikon Wisata Religi di Kota Makassar, Masjid 99 Kubah terus dibenahi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menambah anggaran tahun ini.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Sulsel, Patiwiri menerangkan, total anggaran yang dialokasikan untuk TA 2023 ini sebesar Rp5 miliar. Pengerjaan fisik masjid di kawasan CPI tersebut sebelumnya dilelang melalui e-Katalog. "Minggu depan mulai pengerjaan," ujar Patiwiri, Kamis, (4/5/2023).



Ia menjelaskan, proses pengerjaan kali ini akan membenahi dan menyelesaikan semua area fungsional pemanfaatan masjid sebagai tempat ibadah. Termasuk menara dan gerbang masjid.

"Itu juga jalan lingkar di luarnya, dengan perampungan tangga, gerbang. Menaranya sudah selesai, kubah sudah rampung," pungkasnya.

Patiwiri menambahkan, di bagian basemen terdapat tiga lokasi berbeda. Yakni toilet, parkiran, dan ruang pengelola. Sesuai desain awal, hanya demikian tanpa adanya museum Islam di sana.

"Kalau rencana awal tidak ada, desain hanya seperti itu. Mungkin pengembangan," ungkapnya.

Sebelumnya, rencana pengembangan itu disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khaddafi. Bagian basement Masjid 99 Kubah, rencananya akan juga dikembangkan. Demi meningkatkan daya tarik, basemen bakal disulap jadi museum sejarah Islam di Makassar.



"Yang paling utama adalah harus ada pusat informasinya, di area kawasan masjid 99 Kubah. Karena kita tentu saja menginginkan pengunjung mendapatkan informasi tepat mengenai berdirinya Masjid ini," kata Devo.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru