Ratusan Motor Berknalpot Racing di Makassar Diamankan Polisi

Ansar Jumasang
Minggu, 07 Mei 2023 13:05
Ratusan Motor Berknalpot Racing di Makassar Diamankan Polisi
Polisi mengamankan ratusan kendaraan roda dua karena menggunakan knalpot racing di Kawasan CPI Makassar. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Ratusan motor berkenalpot brong dirazia tim patroli yang dipimpin langsung Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mohammad Ngajib di titik rawan balap liar, diantaranya Kawasan CPI Kecamatan Mariso, kota Makassar.

"Malam ini malam minggu saya melaksanakan operasi khusus untuk knalpot racing, di beberapa titik rawan terjadinya balap liar, disemua titik dan juga polsek. Jadi malam ini malam kita coba mengevaluasi kota Makassar dan ternyata banyak pelaku balap liar, banyak menggunakan kenalpot recing," Ucap Kapolrestabes Makassr, Kombes Pol Mohammad Mgajib. Minggu (7/5/2022) dini hari.



Dalam operasi tersebut, pihaknya mengamankan ratusan pengendara berkenalpot brong atau racing.

"Sampai sekarang kurang lebih sudah mengamankan ada 100 kendaraan yang menggunakan knalpot racing," terangnya.

Dirinya juga bilang, untuk kendaraan motor yang ditahan akan melewati proses sidang tilang yang akan dilaksanakan kurang lebih tiga bulan.

"Jadi kita amankan sesuai dengan penjadwalan dari sidang tilang kurang lebih nanti kita amankan selama 3 bulan, baru nanti setelah mereka melaksanakan sidang tilang, barulah kita akan hadirkan orang yang punya sepeda motor tersebut untuk hadir kemudian diganti dengan kenalpot standar, barulah kita akan serahkan barang buktinya itu," paparnya.

"Sementara untuk barang buktinya, nanti kita akan lakukan pemusnahan. Bahkan sampai sekarang sudah ada kurang lebih 1500 yang ingin kita musnahkan," lanjutnya.



Dalam mengatasi pengendara yang masih menggunakan kenalpot brong terutama balap liar, Kombes Pol Mohammad Ngajib mengaku akan melakukan dialog otomotif.

"Untuk knalpot brong ini kita lakukan tindakan represif, kita lakukan penindakan terhadap kenalpot brong. Untuk pengcegahan, besok kita akan melakukan dialog otomotif. Dialog ini kita gunakan untuk mencari solusi untuk anak-anak ini tidak melakukan balap liar," ujar Mantan Kapolres Palembang itu.

Kombes Mokhammad Ngajib juga akan menyediakan fasilitas untuk mendukung hobi masyarakat dibidang otomotif sebagai wadah untuk menyalurkan kegemaran pecinta otomotif terutama bagi yang sering balap liar.

"Saya akan fasilitasi di suatu tempat, saya sudah mensurvei tempat itu. Kita akan mengarahkan anakn-anak yang suka balap liar ke fasilitas itu. Ini mudah-mudahan bisa cepat terlaksana sehingga anak-anak dapat tersalurkan hobinya, tersalurkan emosionanya agar bisa terarah, dan juga jangan sampai mereka balapan di jalan umum," harapnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru