Lima Putra-putri Politikus Bertarung Di Pileg DPRD Maros

Najmi S Limonu
Selasa, 09 Mei 2023 15:20
Lima Putra-putri Politikus Bertarung Di Pileg DPRD Maros
Sebanyak 630 calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Maros, bertarung memberebutkan 35 kursi anggota legislatif DPRD kabupaten Maros, periode 2024-2029 mendatang. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAROS - Sebanyak 630 calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Maros, bertarung memberebutkan 35 kursi anggota legislatif DPRD kabupaten Maros, periode 2024-2029 mendatang.

Dari 630 calon anggota legislatif ini, lima diantaranya merupakan putra-putri tokoh politik di Maros. Gemilang Pagessa yang merupakan putra dari Bupati Maros, AS Chaidir Syam, memilih maju dan bertarung di dapil 6, Marusu dan Mandai melalui Partai Amanat Nasiona (PAN).



Sementara Pratiwi Putri Rosyidin dan Nafa Putri Rosyidin yang merupakan Putri pertama dan kedua Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari juga memilih maju dan bertarung di Pileg DPRD Kabupaten Maros lewat Pintu Partai yang Diketuai Suhartina Bohari, yakni Partai Golkar.

Sementara itu Anak dari Mantan Ketua DPRD Maros periode 2009-2014 Hj Andi Ermawati Nadjamuddin, Andi Alif Maulana juga memilih maju dari daerah pemilihan 2 yang meliputi Kecamatan Lau dan Bontoa.

Bupati Maros AS Chaidir Syam yang ditemui awak media menjelaskan, dari enam orang anaknya, hanya Gemilang lah yang menunjukkan minatnya untuk terjun ke dunia politik. Hal ini sesuai dengan pendidikan yang ditempuhnya saat kuliah S2 dan S3, ilmu politik.

"Kami tidak memaksa anak-anak untuk terjun ke dunia politik. Tapi mungkin ini sudah jalannya. Dia sendiri yang ingin maju. Apalagi saat ini dia diamanahkan menjadi ketua beberapa organisasi masyarakat. Jadi mungkin ini akan menambah pengalamannya di duni politik," ujarnya.

Ketua DPD PAN Maros ini menambahkan, Gemilang akan maju di Dapil 6, yang meliputi Kecamatan Tompobulu-Mandai. Dulunya Dapil ini merupakan Dapil Chaidir Syam saat maju di Pileg selama tiga periode.

"Dia akan maju di daerah pemilihan saya dulu. Disana kita sudah memiliki basis-basis dan pemilih yang selalu mendukung kami dulu. Saat ini kita berharap, mereka bisa mendukung anak kami untuk maju di Pileg 2024 mendatang," harapnya.



Ketua DPD II Golkar Maros Suhartina Bohari mengakui perihal dua putrinya maju di Pileg 2024 mendatang. Selain untuk memenuhi quota perempuan, Suhartina mengakui ini merupakan langkah untuk regenerasi kader politik di keluarga besar H Bohari.

"Memang saya mendorong putri-putri saya untuk maju di dunia politik, tapi bukan berarti menekan mereka untuk maju. Mereka sejak kecil sudah terlatih dan akrab dengan dunia politik. Jadi ini adalah tahap awal mereka belajar politik yang sesungguhnya," jelasnya.

Wakil Bupati Maros ini menjelaskan, putripertamanya, Pratiwi Putri Rosyidin maju di melalui Dapil 3, meliputan Kecamatan Simbang dan Bantimurung. Dia mengakui jika di wilayah tersebut dia mengandalkan suara dan dukungan keluarga besar H Bohari yang dikecamatan Simbang.

"Sementara Nafa maju di Dapil 6. Di sini kita mengandalkan suara dari kolega, relasi dan pengelola aset yang berada di kecamatan Marusu," ujarnya.

Di sisi lain, Mantan Bupati Maros, Hatta Rahman juga mendorong putranya Nur Alamsyah menjadi salah satu Caleg DPRD Maros lewat PPP. Hatta Rahman menjelaskan, nantinya putranya bakal maju di Dapil 6, meliputi kecamatan Mandai dan Marusu.



"Dia maju di dapil 6, karena memang dia berdomisili di kecamatan Mandai. Kedua, karena Kecamatan Mandai memiliki kursi terbanyak, dan beberapa kursi lainnya kosong. Mudah-mudahan kita bisa ambil, kalau tidak ada yang punya kan langsung diambil saja," pungkasnya.

Sementara itu Andi Alif Maulana yang merupakan anak dari mantan Ketua DPRD Maros, Hj Andi Ermawati Nadjamuddin yang juga cucu langsung mantan Bupati Maros periode 2000-2010, H Andi Nadjamuddin Aminullah, maju di Pileg melalui Dapil 2 Lau dan Bontoala melalui Partai Pohon beringin.

"Kalau Alif, dia maju di Dapil 2. Itu memang daerah asalnya. Ketokohan orang tua dan kakeknya masih sangat terjaga di wilayah tersebut. Makanya kita mendorong anak-anak muda untuk maju di wilayahnya masing-masing," pungkas Suhartina.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru