MIWF Hidupkan Denyut Literasi di Kota Makassar

Gusti Ridani
Kamis, 08 Jun 2023 21:15
MIWF Hidupkan Denyut Literasi di Kota Makassar
Pelaksanaan Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) di Benteng Fort Rotterdam berlangsung selama 4 hari mulai 8-11 Juni mendatang. Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) menggelar festival literasi di Benteng Fort Rotterdam selama 4 hari mulai 8-11 Juni mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Makassar.

Ada banyak event literasi dalam MIWF kali ini, mulai dari workshop, pameran, diskusi terkait penerbit, pembaca, pojok komunitas literasi, diskusi buku, pembacaan puisi, dan sederet kegiatan literasi lainnya.



Di hari pertama, ada beberapa kegiatan yang diadakan seperti Workshop Sastra Anak yang dibawakan Reda Gaudiamo.

Menurutnya, tidak mudah membuat sastra anak seperti sastra pada umumnya. Karena perlu ketelitian yang mendalam untuk membuatnya menarik. Sastra anak, kata dia, harus sebagai sumbu, yang menyalakan ide dan imajinasi anak. Hanya saja, sulit menemukan sastra anak yang memang bagus.

"Geliat sastra anak tidak begitu tampak. Di toko buku memang buku anak tampak baik-baik saja, tapi kalau mendekat sangat sedikit sastra anak. Lebih banyak buku cerita Nusantara anak, agama," bebernya, Kamis (8/6/23).

Buku sastra anak ke depannya, kata dia, harus diperhatikan lagi. Karena buku sastra anak harus dikategorikan berdasarkan umur dan levelnya, tidak seperti buku pada umumnya.

Henry Manampiring salah satu sastrawan yang juga datang mengisi workshop di MIWF, membawakan tema terkait Fiksi dan Fakta. Menurutnya cerita-cerita fiksi yang ada di dalam novel ada yang berangkat dari fakta atau kisah nyata.

"Kejadian yang ada dalam novel adalah fakta yang terjadi di dunia nyata. Seperti beberapa novel menampilkan fakta apa yang terjadi pada orde baru, tahun 98, maupun beberapa momen yang terjadi di dunia fakta," bebernya.



Dari fakta itu, dengan imajinasi dan kreativitas penulis lalu diubah menjadi sebuah cerita yang menarik dan seru.

MIWF sebagai festival literasi internasional menghadirkan penulis ternama seperti Dee Lestari, Joko Pinurbo, Reda Gaudiamo, Theorisia Rumthe. Selain itu juga, ada sastrawan asal Makassar yang juga ikut meramaikan festival literasi ini, seperti Aan Mansyur, Nurhadi Sirimorok, dan Faisal Oddang.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru