SIT Al-Biruni Mandiri Jadi Pilot Project Implementasi Kurikulum Aloha Mental Aritmatika

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 24 Jun 2023 18:06
SIT Al-Biruni Mandiri Jadi Pilot Project Implementasi Kurikulum Aloha Mental Aritmatika
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri menggandeng Aloha Internasional untuk mengimplementasikan kurikulum Aloha Mental Aritmatika. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri menggandeng Aloha Internasional untuk mengimplementasikan kurikulum Aloha Mental Aritmatika. SIT Al-Biruni Mandiri yang terdiri dari jenjang TK dan SD menjadi pilot project atau proyek percontohan di Indonesia.

Aloha singkatan dari Abacus Learning of Higher Arithmetic. Perusahaan ini didirikan pada 1993 oleh Mr. Loh Mun Sung. Ia mengadopsi dan mengembangkan konsep ini berdasarkan metode Komputasi Sempoa dari China dan Taiwan.



Metode ini dirancang menjadi kurikulum yang komprehensif yang bertujuan memperkenalkan Semopa kepada anak-anak di Malaysia pada saat itu. Saat ini, ALOHA Internasional memiliki lebih dari 4.000 cabang di seluruh dunia dan angkanya bertambah setiap hari.

"Mulai sejak 1993, Aloha sudah ada di 45 negara. Di Indonesia, kami mulai dari Kota Makassar, dari SIT Al-Biruni. Ya, jadi kami memulai dari Makassar untuk Indonesia," ungkap Founder & President Aloha International itu kepada awak media, Sabtu (24/6/2023).

Ia mengaku optimistis kurikulum Aloha dapat diterima dengan baik di Indonesia. Terlebih, dengan dukungan dari SIT Al-Biruni, dalam hal ini Muhammad Arafah Kube yang diketahuinya memiliki jaringan luas di Indonesia.

International Director of Aloha International Aritmethic, Kiran Motwani, pada kesempatan itu mengaku terkesan dengan potensi siswa-siswa SIT Al-Biruni Mandiri. Hal itu disaksikannya saat menghadiri kegiatan Assembly TK & SD IT Al-Biruni Mandiri di Menara Pinisi UNM.

Assembly TK & SD IT Al-Biruni Mandiri yang diikuti 320 siswa itu merupakan kegiatan pentas olahraga dan seni yang diadakan setiap akhir tahun pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa untuk menampilkan kreativitas, kebolehan, dan bakat sebagai hasil implementasi materi pelajaran sehari-hari. Pertunjukan ini meliputi seni, olahraga, dan pelajaran umum lainnya seperti Alqur’an, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Menurut dia, potensi anak-anak ini dapat lebih dimaksimalkan jika distimulasi. Nah, salah satu cara menstimulus otak anak adalah dengan penerapan kurikulum Aloha Mental Aritmetika. Dengan metode Aloha, visualisasi berhitung bisa mudah terbayang di kepala anak. Adapun instrumen yang dipakai ialah sempoa.



Master Frenchisee Aloha Mental Indonesia, Muhammad Arafah Kube, menyampaikan kurikulum Aloha akan diterapkan pada semua jenjang. Direktur Pendidikan SIT Al-Biruni Mandiri Makassar ini optimistis metode Aloha ini mampu membuka potensi kemampuan anak, karena mampu menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak.

Ia mengimbuhkan keberadaan Aloha juga diproyeksikan untuk membuka cabang. Rencananya, lima titik di Kota Makassar dan masing-masing satu titik di kabupaten/kota besar atau potensial lingkup Sulsel.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru