Radio Komunitas Sipurennu dari Pulau Sabutung Pangkep Goes To Bangkok

Tim Sindomakassar
Kamis, 21 Sep 2023 22:23
Radio Komunitas Sipurennu dari Pulau Sabutung Pangkep Goes To Bangkok
Perwakilan Radio Komunitas Sipurennu, Fitri Ramadani dan Musfira Ananda saat melakukan kunjungan ke Pemkab Pangkep. Foto: IST
Comment
Share
PANGKEP - Kabupaten Pangkep patut berbangga karena dua perwakilan Radio Komunitas Sipurennu yang berada di Wilayah Kecamatan Kepulauan Liukang Tupabbiring Utara tepatnya di Pulau Sabutung akan berangkat ke Bangkok dalam rangka pelatihan pengembangan Radio Komunitas se-Asia Pasifik. Radio ini dikelola oleh Komunitas Sekolah Perempuan.

Adapun dua perwakilan tersebut adalah Fitri Ramadani (24) dan Musfira Ananda (21) yang berasal dari Pulau Sabutung Desa Mattiro Kanja. Mereka akan berangkat ke Bangkok selama 10 hari mulai 22 September hingga 2 oktober mendatang.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk melatih secara profesional dalam memproduksi konten radio komunitas se-Asia-Pasifik. Selain itu terdapat juga agenda konferensi regional yang dihadiri kurang lebih 100 radio komunitas.

Peserta lainnya yang terlibat dalam pelatihan ini meliputi produser, pemerintah, donor dan multi pihak dari 25 Negara se-Asia Pasifik. Konferensi ini akan berdiskusi juga tentang strategi rencana aksi dan tantangan yang dihadapi oleh radio komunitas.



Manager Radio Komunitas Sipurennu, Nurhayati menyampaikan harapannya agar kedua perwakilan Radio Komunitas ini memiliki tambahan pengetahuan dan skills. Ia juga berharap ke depannya agar radio komunitas ini bisa dimudahakn proses izinnya, sebab sampai sekarang akses untuk mendapatkan izin belum ada atau masih terasa sulit untuk dilakukan karena terkendala beberapa hal.

"Kami tentu berharap kedua perwakilan Sekolah Perempuan pengelola Radio Komunitas ini ke depannya semakin mahir mengelola radio komunitas ini. Dan tidak berhenti untuk berproduksi dan bisa lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dan yang pasti bisa mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah," kata Nurhayati yang juga Staf Pengorganisasian dan Advokasi YKPM ini.

Sementara itu, Fitri menyampaikan rasa syukur dan bangganya bisa mewakili Kabupaten Pangkep melalui Radio Komunitas Sipurennu bisa menambah ilmu pengetahuan di Bangkok.

"Saya senang sekali saat diberitahu oleh Ibu Nurhayati jika Radio Komunitas yang kami kelola berkesempatan untuk mewakili Kabupaten Pangkep mengikuti pelatihan pengelolaan Radio ini di Bangkok," ungkapnya.

Fitri menuturkan, pihaknya sudah melakukan kunjungan dan meminta izin ke Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau hingga Dinas Kominfo dan Dinas Pemberdayaan Perempuan. Hasilnya mereka semuanya mendukung dan memberikan respon positif atas keterwakilan Pangkep untuk bisa belajar hingga ke Bangkok.



Sebagai tambahan informasi, Radio Komunitas Sipurennu berdiri sejak tahun 2020 saat pandemi melanda. Radio ini membahas tentang isu-isu perempuan dan anak, kesehatan dan informasi umum lainnya.

Adapun cakupan siarannya ini masih sekitar empat desa se-Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara dan 2 kelurahan terdekat di darat, sementara estimasi pendengar kurang lebih 5.000 orang.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru