Makassar Leadership Summit 2023 Bakal Bertabur Pemimpin Nasional: dari JK hingga Tanri Abeng

Tri Yari Kurniawan
Senin, 16 Okt 2023 13:36
Makassar Leadership Summit 2023 Bakal Bertabur Pemimpin Nasional: dari JK hingga Tanri Abeng
Makassar Leadership Summit (MLS) 2023 siap digelar di Hotel Claro Makassar pada 27-28 November. Puluhan pemimpin nasional dari berbagai latar belakang siap hadir. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Makassar Leadership Summit (MLS) 2023 siap digelar di Hotel Claro Makassar pada 27-28 November. Puluhan pemimpin nasional dari berbagai latar belakang siap hadir. Mulai dari pemilik bisnis, direktur perusahaan nasional dan multinasional, kalangan profesional dan praktisi HC, serta akademisi.

Konferensi tentang kepemimpinan yang pertamakali diselenggarakan di Makassar ini diadakan oleh tiga lembaga berbasis sumber daya manusia dan berbasis kewirausahaan. Masing-masing yakni Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia (PMSM), Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Diketuai oleh Disa Novianty, People Director of Kalla Group, Makassar Leadership Summit 2023 berfokus pada kepemimpinan (leadership). Tujuannya untuk berkontribusi terhadap wacana dan diskusi terkini terkait leadership demi mempersiapkan pemimpin masa depan, khususnya di kawasan Indonesia Timur dalam menavigasikan berbagai tantangan terkini.

Hal ini juga menjadi momentum dalam mencetuskan Gerakan Indonesia Timur Kompeten 2023 sebagai langkah awal dari timur untuk mendukung perwujudan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten 2030. Nah, MLS 2023 akan menghadirkan 12 talkshow mengenai kepemimpinan.

“Makassar Leadership Summit 2023 akan mengangkat tema ‘Empowering and Shaping Future Leaders for a Transformative and Sustainable Indonesia’ karena diharapkan konferensi ini dapat menjadi sebuah gerakan, ajang berkumpul dan belajar dari sesama, sehingga bisa melahirkan kolaborasi-kolaborasi baru dan inspirasi bagi para pemimpin untuk menjadi pemimpin yang lebih efektif dan inspiratif, yang nantinya diharapkan bisa memberikan kontribusi besar untuk pengembangan SDM dan ekonomi Indonesia Timur, khususnya Sulawesi Selatan,” ungkap Disa Novianty, selaku Ketua Panitia MLS 2023 dan juga Ketua DPD PMSM Sulsel.

Adapun tokoh pemimpin nasional yang bakal hadir, antara lain yakni Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009 dan 2014-2019. JK sudah mengkonfirmasi kehadirannya untuk tampil sebagai keynote speaker hari pertama. Sedangkan, Tanri Abeng selaku Komisaris Bio Farma sebagai keynote speaker pada hari kedua.

Juga hadir Sinta Kamdani selaku Ketua DPN APINDO dan Yunus Trionggo selaku Ketua Steering Commitee Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) bersama belasan narasumber lain yang berasal dari kalangan profesional, pengusaha dan akademisi yang kapasitas dan rekam jejak profesionalnya tidak diragukan lagi.

Di antaranya yakni Salman Subakat (CEO Paragon Group), Bani M.Mulia (CEO Samudera Indonesia), Steven Yudiantho (SVP Human Capital Strategy Bank Mandiri), Rahmat Makkasau (CEO Amman Mineral Nusa Tenggara), Alamanda Shantika (Founder Binar Academy), dan Claudia Ingkiriwang (Dirut Taman Mini Indonesia Indah).

Tiket untuk MLS akan dijual seharga Rp1 juta dan akan mendapatkan akses untuk bisa mengikuti event selama dua hari, dan belajar ilmu kepemimpinan yang akan dibawakan langsung oleh pemimpin-pemimpin nasional yang terbaik di bidangnya. MLS juga memberikan harga khusus bagi peserta yang akan membeli tiket early bird sebelum akhir oktober, dan juga harga khusus bagi mahasiswa senilai Rp500 ribu.

Disa menambahkan MLS 2023 dibuka untuk umum, dan harga yang diberikan ini sangat terjangkau, berbeda dengan seminar-seminar kepemimpinan lainnya dengan skala yang sama. Karena selaku penyelenggara, PMSM, GNIK dan APINDO memiliki satu visi untuk bisa membangun kompetensi SDM yang kompeten di Indonesia Timur, khususnya di bidang kepemimpinan.

"Karena kami yakin, pemimpin, di semua kalangan dan semua level, mempunyai dampak yang sangat besar dalam membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi," jelasnya.

Ditargetkan sekitar 500-1000 peserta akan hadir secara offline dan berpartisipasi dalam MLS 2023 yang berasal dari kalangan profesional, pengusaha dan juga akademisi. Acara ini juga akan menjadi acara tahunan yang akan selalu diselenggarakan oleh PMSM, GNIK dan Apindo Sulsel.

Ketua APINDO Sulsel, Suhardi, menambahkan event MLS 2023 selaras dengan program pihaknya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Olehnya itu, APINDO mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut. "Ini ide cemerlang karena program kami juga ada terkait peningkatan sumber daya manusia," tuturnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru