Seminar Nasional BPKH di Makassar Bahas Pengelolaan Dana Haji-Revitalisasi Peran Lembaga

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 03 Nov 2023 20:44
Seminar Nasional BPKH di Makassar Bahas Pengelolaan Dana Haji-Revitalisasi Peran Lembaga
BPKH menggandeng Unhas dan ICMI menggelar seminar nasional di Auditorium Fakultas Hukum Unhas, Jumat (3/11/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar seminar nasional di Auditorium Fakultas Hukum Unhas, Jumat (3/11/2023). Kegiatan ini mengusung tema 'Berkhidmat untuk Umat: Menuju Pengelolaan Keuangan haji yang Profesional, Transparan, dan Akuntabel.

Dalam seminar nasional ini, pembahasannya meliputi seputar pengelolaan dana haji hingga revitalisasi peran BPKH melalui amandemen UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Perubahan regulasi diharapkan semakin memperkuat posisi BPKH, yang muaranya menjadikan pengelolaan dana haji semakin baik.

Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, menjelaskan salah satu tantangan hukum yang dihadapi adalah posisi BPKH sebagai lembaga Sui Generis, berada di luar pemerintahan yang didirikan melalui undang-undang. Di sisi lain, BPKH ternyata harus menjalankan sebagian kewenangan yang sebelumnya merupakan tanggung jawab pemerintah.

"Namun beroperasi secara otonom dan independen dari kepentingan pemerintah," kata Fadlul Imansyah.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, pada kesempatan itu menyampaikan, saat ini BPKH memang memerlukan perubahan undang-undang melihat tingginya kesempatan berinvestasi di Arab Saudi. Komisi VIII DPR RI saat ini setuju dan mendorong untuk memberi ruang kepada BPKH agar lebih luwes dan lincah dalam berinvestasi dan memberikan manfaat untuk umat.

Saat ini perubahan undang-undang yang mendukung penguatan BPKH udah masuk ke dalam Prolegnas. Meski demikian, diakuinya belum menjadi prioritas. “Undang-undang ini harus paralel dan bersinergi dengan Undang-undang Penyelenggaraan Haji yang saat ini menjadi prioritas," tegasnya.

Adapun seminar nasional di Makassar pada hari ini menjadi wadah diskusi, dialog, dan kolaborasi antara BPKH dengan sederet narasumber yang kompeten di bidangnya. Topik pembahasan meliputi UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, dinamika, problematika, serta urgensi amandemen untuk Pengelolaan Keuangan Haji yang Rasional dan Berkeadilan. Selain itu, juga dibahas reformulasi kelembagaan good governance dan tantangan politik hukum pengelolaan keuangan haji.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki; Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi; Rektor Universitas Hasanuddin, Jamaluddin Jompa; Ketua Umum ICMI, Arif Satria; Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Jaja Jaelani; Mantan Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari; Guru Besar Fakultas Hukum Ahmad Ruslan; Mantan Irjen Kementerian Hukum dan HAM Aidir Amin Daud; Dekan Fakultas Hukum Hamzah Halim; Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah; dan Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf.

Sekadar diketahui, saat ini BPKH telah menciptakan forum-forum diskusi yang bertujuan untuk memberikan penjelasan, mendiskusikan isu-isu terkait, dan menerima masukan dari berbagai pihak yang kompeten. Upaya-upaya ini merupakan bentuk ikhtiar untuk menciptakan pengelolaan keuangan haji yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.
(TRI)
Berita Terkait
KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada
Sulsel
KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembekalan KKN Tematik kepada 260 mahasiswa dari Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) di Hotel Claro Makassar pada Rabu (03/07). Mereka akan disebar ke 24 kabupaten/kota di Sulsel.
Rabu, 03 Jul 2024 17:14
Prodi Doktor Sosiologi FISIP Unhas Roadshow Akademik Hingga ke Sulbar
News
Prodi Doktor Sosiologi FISIP Unhas Roadshow Akademik Hingga ke Sulbar
Prodi Doktor Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (UNHAS), menggelar serangkaian roadshow pada periode pendaftaran tahap 3 untuk Semester Awal
Minggu, 30 Jun 2024 08:32
KPU Sulsel bersama Unhas Bakal Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik di 24 Daerah
Sulsel
KPU Sulsel bersama Unhas Bakal Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik di 24 Daerah
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (KPU) Sulsel akan melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) awal Juli 2024 mendatang.
Kamis, 20 Jun 2024 14:19
YouTube Campus Day Unhas, Upaya Telkomsel Dukung Literasi Digital Generasi Muda
News
YouTube Campus Day Unhas, Upaya Telkomsel Dukung Literasi Digital Generasi Muda
YouTube Campus Day dibuka langsung oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, dengan peserta mencapai 440 mahasiswa dari berbagai fakultas.
Kamis, 06 Jun 2024 12:29
Lafkespri Lakukan Survei Akreditasi Klinik Fakultas Kedokteran Unhas
Makassar City
Lafkespri Lakukan Survei Akreditasi Klinik Fakultas Kedokteran Unhas
Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Lafkespri) melakukan survei akreditasi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berlokasi di Gedung Asrama Mahasiswa Universitas Hasanuddin, Kamis (30/5/2024).
Kamis, 30 Mei 2024 17:28
Berita Terbaru