Program Petani Keren, La Ode Darwin Optimis Pertanian Lebih Maju

Tim Sindomakassar
Selasa, 12 Des 2023 20:00
Program Petani Keren, La Ode Darwin Optimis Pertanian Lebih Maju
Masyarakat petani Muna Barat menggelar kegiatan Petani Keren bersama La Ode Darwin. Foto: IST
Comment
Share
MUNA BARAT - Masyarakat petani Muna Barat yang tergabung dalam Gabungan Tunas Tani Muna Barat menggelar kegiatan Petani Keren bersama La Ode Darwin. Acara tersebut bertempat di Desa Lalemba Kecamatan Lawa, Selasa (12/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani dari setiap kecamatan se-Muna Barat. Mereka nampak antusias mengikuti acara karena berkaitan langsung dengan mata pencaharian mereka.

Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin yang hadir di lokasi langsung membaur dengan masyarakat petani. Ia nampak asyik bercengkerama dengan masyarakat petani sambil mendengar masukan mereka terkait situasi pertanian di Muna Barat, La Ode Darwin pun berkomitmen memperjuangkan harapan petani.

Dalam pidatonya di hadapan masyarakat petani, La Ode Darwin mengaku bangga dengan petani yang diyakininya punya peran besar dalam menjaga keseimbangan suplai makanan.

"Orang yang tinggal di kota, yang mensuplai makanan itu kita yang bertani di desa, jadi banggalah kita orang Muna Barat karena dengan kita bertani di sini kita bisa kasi makan buah pisang, pepaya, jeruk. Karena pertanian di desa maka warung makan dan kafe yang ada di mall dan hotel kita bisa suplai beras, jagung dan kacang," kata La Ode Darwin.

Lanjut La Ode Darwin, petani sudah saatnya punya pikiran agar tidak hanya bertani untuk keluarga tetapi juga untuk orang banyak.

"Petani Muna Barat kita tidak lagi berpikir, bertani untuk bisa kasi makan keluarga, tapi kita bertani agar bisa kasi makan orang yang ada di luar sana dengan cara menjual hasil pertanian kita. Kalau hasil penjualan pertanian kita melimpah, maka pasti kita bisa hidup lebih berdaya," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, La Ode Darwin juga menegaskan bahwa Program Petani Keren merupakan komitmen dirinya untuk memajukan sektor pertanian di Muna Barat.

"Program Petani Keren adalah bentuk komitmen saya sebagai upaya membantu percepatan produktivitas pangan di tengah ancaman kelangkaan pangan di masa depan yang tentu akan memberikan efek ganda pada peningkatan kesejahteraan petani Muna Barat," ujarnya.

"Melalui Petani Keren, kami akan merancang berbagai program yang menyentuh akar rumput. Yaitu kita akan bantu petani melakukan pemetaan potensi lahan, membantu bibit unggul, menghadirkan teknologi alat pertanian, mendampingi masyarakat dalam petik olah jual termasuk membantu pasar penjualan hasil pertanian masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu seorang petani bernama La Jurus yang hadir di lokasi kegiatan mengaku menyambut baik dan mendukung gagasan La Ode Darwin.

"Apa yang Pak La Ode Darwin sampaikan sangat konkrit khususnya bagi kami petani. Saya sangat mendukung gagasan beliau untuk memajukan pertanian Muna Barat," imbuhnya.

Wa Ode Muliana, seorang petani lainnya yang hadir di lokasi juga mengakui program yang dicetuskan La Ode Darwin bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar petani.

"Program pak La Ode Darwin menyentuh langsung permasalahan kami, misalnya bantuan bibit dan bagaimana hasil pertanian kami terjual di pasaran. Ini saya pikir sangat bagus sehingga perlu didukung bersama," tandasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Sulsel
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih (PDP) dalam pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 14:29
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Sulsel
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur yang menekankan pentingnya pemilihan yang adil, menghargai kedaulatan pemilih, dan bebas dari kekerasan serta hoaks.
Rabu, 03 Jul 2024 20:34
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Sulsel
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli menggelar pertemuan dengan PJ Gubernur Sulsel Prof, Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar kemarin. Pertemuan tersebut membahas sejumlah perkembangan terkait pengawasan pemilihan serentak 2024.
Rabu, 03 Jul 2024 17:22
Berita Terbaru