Pelni Makassar Siapkan 3 Kapal untuk Mudik Gratis Angkutan Natal, Kuota 1.400 Penumpang

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 19 Des 2023 13:09
Pelni Makassar Siapkan 3 Kapal untuk Mudik Gratis Angkutan Natal, Kuota 1.400 Penumpang
Kepala PT Pelni Cabang Makassar, Muhammad Jabir, turun langsung memantau layanan menjelang peak season arus mudik angkutan Natal dan Tahun Baru. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pelni Cabang Makassar menyiapkan tiga kapal untuk menyukseskan program Mudik Gratis Angkutan Natal 2023. Total kuota mencapai 1.400 penumpang dengan dua daerah tujuan yakni Surabaya, Provinsi Jawa Timur dan Bau-bau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala PT Pelni Cabang Makassar, Muhammad Jabir, menyampaikan tiga kapal yang disiagakan yakni KM Gunung Dempo tujuan Surabaya pada 20 Desember, KM Nggapulu tujuan Bau-bau pada 22 Desember, dan KM Tidar tujuan Bau-bau pada 22 Desember.

"Totalnya ada tiga kapal yang disiapkan. Untuk rute Makassar-Surabaya kuotanya 400 orang dan untuk rute Makassar-Bau-bau masing-masing kuotanya 500 orang. Total kuotanya 1.400," kata Jabir, saat ditemui di tengah kesibukan memantau pelayanan di Kantor PT Pelni Cabang Makassar, Selasa (19/12/2023).

Program Mudik Gratis dari Pelni ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Menurut Jabir, lewat program ini, Pelni berkomitmen membantu masyarakat yang ingin mudik pada peak season periode Natal dan Tahun Baru.

Terdapat sejumlah persyaratan untuk program Mudik Gratis ini. Di antaranya yakni usia minimal 58 tahun ke atas, untuk pelajar atau mahasiwa cukup memperlihatkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, dan untuk keluarga yang tidak mampu cukup memperlihatkan surat keterangan dari pihak RT/RW.

Jabir menegaskan pihaknya berupaya mempermudah masyarakat untuk menikmati program mudik gratis, selama kuotanya masih tersedia. "Intinya dimaksimalkan dan dipermudah selama kuota masih ada. Kami juga sudah upayakan untuk infomasikan dan sosialisasikan ke mana-mana," tuturnya.

Lebih lanjut, soal arus mudik angkutan Natal dan Tahun Baru, Jabir memperkirakan naik 30 persen dibandingkan periode tahun lalu. Meski demikian, pihaknya belum menjabarkan detail data tren arus penumpang dan kapal di Pelabuhan Makassar.

"Selama peak season, kami siapkan 18 kapal. Rinciannya 15 kapal penumpang dan tiga kapal perintis. Kami prediksi naik 30 persen (tren lalu lintas penumpang) dibandingkan tahun lalu," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru