Prof Husain Syam Harap LPT NU Lahrikan Generasi yang Gemilang

Ansar Jumasang
Rabu, 08 Mar 2023 21:37
Prof Husain Syam Harap LPT NU Lahrikan Generasi yang Gemilang
Rektor UNM Prof Husain Syam saat bersama Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf pada Rakernas Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama di Hotel Santika Medan, Sumatera. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Rektor UNM Prof Husain Syam berharap agar Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) yang merupakan bagian dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bisa melahirkan generasi yang gemilang.

Hal ini disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama di Hotel Santika Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/3/2023).



Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Prof Husain Syam, selain sebagai Rektor UNM, ia juga selaku Ketua Ikatan Sarjana NU (ISNU) Sulsel dan Ketua Dewan Pakar IKA PMII Sulsel, yang merupakan bagian penting dari pemikir Nahdlatul Ulama.

Rakernas LPTNU dan Konferensi PTNU 2023 diadakan di Medan Sumatera Utara, pada 8-10 Maret 2023, dengan bertemakan "Merawat Jagad, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi".

Prof Husain Syam mengatakan, rakernas kali ini akan menjadi cara Nahdlatul Ulama merumuskan filosofi pendidikan tinggi diusianya yang akan memasuki abad kedua.

"Filosofi yang akan dibangun NU untuk pendidikan tinggi, akan berfokus pada tiga hal, yakni platform pendukung, landasan kebijakan, dan pemanfaatan teknologi informasi," ucapnya.

Hal itu untuk memastikan bagaimana Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama tetap relevan dengan masyarakat, sekaligus terus memperjuangkan filosofi, etika, dan keadilan.

Prof Husain Syam juga bilang, kehadirannya tersebut tak lain untuk memberi penguatan kepada Perguruan tinggi NU untuk mengambil kiprah dalam rangka memberi manfaat yang sebesar dalam proses kemajuan bangsa.



"100 tahun NU berdiri sejak sebelum kemerdekaan, itu sudah memberikan sumbangsih dalam persiapan kemerdekaan sampai mengisi kemerdekaan itu sudah tidak diragukan lagi komitmen kebangsaan NU yang sedari dulu bagi NU NKRI Harga Mati," katanya.

"Saat ini rakernas diharapkan perlu ada rekonstruksi ulang bagi Perguruan tinggi dalam mengelola Perguruan tingginya agar bisa mendesain dan merancang seperti apa NU bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan bangsa," lanjut Ketua Ikatan Sarjana NU itu.

Diketahui Rakernas LPT PBNU dikonfirmasi hadir sekitar 150 kampus baik dari PTNU, perkumpulan, maupun yayasan yang berafiliasi dengan PBNU, yang hadir untuk memberikan pemikiran-pemikiran dalam melahirkan generasi emas.

"Jadi selalu dikaitkan dengan visi negara dan pemerintah dalam memberikan pembelajaran yang bersifat pengaplikasian dalam menciptakan kemanfaatan sehingga memberikan kemaslahatan bangsa," paparnya.

Dirinya juga berharap kehadirannya dapat memberikan pemikiran baru yang berdampak pada program kerja NU ke depan dalam memajukan bangsa.



"Kita hadir sebagai bagian yang bisa memberikan pikiran pikiran yang brilian yang bisa dituangkan dalam melahirkan program kerja NU yang memasuki masa abad ke-2, yang tentu kita harapkan akan lebih baik lagi dari sebelumnya dalam kontribusinya untuk bangsa. NU itu sudah harga mati dan siap berkontribusi demi kemajuan bangsa untuk kemaslahatan masyarakat," tutup Prof Husain Syam.

Rakernas tersbut akan dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Selain itu akan hadir dalam acara yakni Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prof Pratikno, serta Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru