BPBD Sulsel dan Ehime University Jepang Dukung Penanggulangan Bencana

Tim Sindomakassar
Jum'at, 10 Mar 2023 17:19
BPBD Sulsel dan Ehime University Jepang Dukung Penanggulangan Bencana
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulsel Amson Padolo saat menerima kunjungan dari Ehime University. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Dalam rangka upaya untuk menjalin kerjasama terkait penanggulangan Bencana, Tim Ehime University Jepang melakukan kunjungan dan diskusi terkait mitigasi dan penanggulangan Bencana di Provinsi Sulsel.

Tim Ehime ini di Pimpin Oleh Prof Tsuyoshi Hatori serta didampingi oleh Tim Pusat Studi Kebencanaan Unhas yang dipimpin oleh Dr Ilham.



Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulsel Amson Padolo bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik Amran bersama beberapa pejabat struktural BPBD menerima tim tersebut. Sekaligus menyampaikan berbagai program Pemprov dalam penanggulangan bemcana di Sulsel.

Amson mengatakan, sebagaimana arahan Guburnur bahwa BPBD selalu hadir dan siap dalam setiap jenis bencana yang terjadi. Serta melakukan Program Nyata baik dalam Fase Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Fase kedaruratan maupun Fase Rehab Rekon.

Untuk Fase pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD telah melengkapi Dokumen Kebencanaan seperti Dokumen Resiko Bencana, Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana, Renkon Banjir dab Renkon Tanah Longsor, Penyiapan muatan lokal kebencanaan pd SMA/SMK dan berbagai Program lain.

Untuk Fase kedaruratan dan Logostik antara lain penyaluran logistik bencana serta pengelolaan Aplikasi Sistem Analisa Data dan Pelapkran Bencana (Si-Andalan) dan lainnya.

"Fase Rehabilitasi dan Rekonstruksi antara lain memfasilitasi dan pendampingan Kab/Kota yanh telah trdampak bencana untuk Dana Rehab dan Rekonstruksi serta kerjasama Pusat Studi kebencanaan Unhas untuk KKN Tematik," kata dia.



Prof Hatori dr Ehime University menyampaikan, berbagai program mitigasi kebencanaan yang selama ini dilaksanakan di jepang dan bagaimana membentuk Masyarakat Tanggap Bencana.

Diketahui dalam kurun 2 bulan, BPBD Sulsel telah menerima sebanyak 2 kali Kunjungan lembaga dari Luar Negeri dimana sebelumnya, 6 Februari 2023, juga telah menerima Crisis Preparedness Team Pemerintah Australia yang di dampingi Konjen Australia Mrs Bronwyn Robbins dengan Tujuan Studi kebencanaan di Provinsi Sulsel.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru