Sulsel Siap Jadi Pilot Project Pertanian Modern di Indonesia

Tim Sindomakassar
Sabtu, 29 Jun 2024 19:36
Sulsel Siap Jadi Pilot Project Pertanian Modern di Indonesia
Provinsi Sulawesi Selatan, siap menjadi pilot project pertanian modern di Indonesia. Penggunaan teknologi dalam pertanian. Foto: Istimewa
Comment
Share
PINRANG - Provinsi Sulawesi Selatan, siap menjadi pilot project pertanian modern di Indonesia. Penggunaan teknologi dalam pertanian akan mampu meningkatkan hasil panen berlipat-lipat.

"Provinsi Sulawesi Selatan siap menjadi pilot project pertanian modern di Indonesia," kata Prof Zudan Arief Fakhrulloh, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, di sela Panen Raya Padi Optimasi Lahan Rawa di Kabupaten Pinrang, Jumat, (28/06/2024).



Prof Zudan mengungkapkan, optimasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang yang dilakukan Kementrian Pertanian bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten Pinrang bisa menjadi percontohan. Untuk pengawasan dan pemupukan bahkan menggunakan drone.

"Ini luar biasa sekali, menggunakan drone untuk pemupukan dan pengawasan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, luas optimasi lahan rawa untuk pertanian di Kabupaten Pinrang mencapai 500 hektare. Prof Zudan berharap, ke depan bisa mencapai 5.000 hektare, dengan dua kali panen dalam setahun.

"Penggunaan teknologi dalam pengelolaan pertanian mutlak dilakukan, dan Sulawesi Selatan siap menjadi pilot project atau percontohan," tegasnya.



Dalam panen raya di Kabupaten Pinrang tersebut, Prof Zudan bersama Pangdam XIV Hasanuddin Bobby Rinal Makmun menggunakan mesin combine. Penggunaan mesin ini bisa meminimalisir kehilangan hasil saat panen.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru