Enam Kabupaten di Sulbar Akan Terima Combine Harvester

Tim Sindomakassar
Senin, 08 Mei 2023 08:24
Enam Kabupaten di Sulbar Akan Terima Combine Harvester
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik meninjau kondisi pertanian salah satu warga. Foto: Humas Pemprov Sulbar
Comment
Share
MAMUJU - Tahun ini enam kabupaten di Provinsi Sulbar akan mendapatkan insentif alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa combine harvester dari pemerintah pusat. Di Mamuju bantuan itu bakal ditempatkan di Desa Bonde Kecamatan Papalang.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik di hadapan warga Bonde, di Desa Bonde, Minggu (7/5/2023). Bantuan itu diharap dapat meningkatkan produktivitas hasil panen padi di Desa Bonde.

Akmal berharap dua hal yang perlu dipersiapkan ke depan, yakni produktivitas dan kesiapan gudang sehingga hasil panen padi tidak digunakan untuk keperluan konsumtif semata.



"Bagaimana kita bisa memproduksi yang besar dan kita jual dan menghasilkan untuk kita saving. Disaat harga beras mahal kita jual," kata Akmal.

Akmal Malik juga akan mendorong Perseroda untuk bekerjasama Pemdes Bonde dalam mengelola hasil panen padi di desa Bonde.

"Ketika produksi melimpah kita punya gudang untuk menyimpang. Ketika orang kekurangan padi kita lepaskan dan kita terus memproduksi," ujar Akmal.



Akmal bilang Sulbar harus memiliki cara berpikir jangka panjang. Sehingga Sulbar tidak lagi kehilangan kesempatan mengelola proyek seperti Shrimp Estate atau tambak Budi Daya Udang senilai Rp7 triliun lebih.

"Kita harus coba mengubah cara berpikir kita, utamakan kepentingan bersama. Kalau mengedepankan kepentingan sendiri sendiri kita tidak akan pernah maju," tutup Akmal.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru