Imigrasi Polman Dukung Pengembangan Ekonomi lewat Pelabuhan Tanjung Silopo

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 18 Mei 2023 18:03
Imigrasi Polman Dukung Pengembangan Ekonomi lewat Pelabuhan Tanjung Silopo
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman mengikuti kegiatan Study Review & Assesment BIMP-EAGA Economic Corridors dan Peninjauan Kesiapan Operasional Pelabuhan Tanjung Silopo. Foto/Dok Imigrasi Polman
Comment
Share
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) mengikuti kegiatan Study Review & Assesment BIMP-EAGA Economic Corridors dan Peninjauan Kesiapan Operasional Pelabuhan Tanjung Silopo pada Rabu (17/05/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menilai perkembangan dan mengindentifikasi potensi perluasan ekonomi di BIMP-EAGA serta keberadaan Pelabuhan Tanjung Silopo dalam rangka menopang potensi perluasan koridor pada sektor ekonomi dan peluang keterkaitan perdagangan lintas batas, investasi dan pariwisata.



Bertempat di Ruangan Pola Kantor Bupati Polman, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Barat, Parlindungan.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan Kementerian Hukum dan HAM melalui pelaksana kegiatan yaitu Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman siap mendukung secara penuh terkait pembangunan daerah di Kabupaten Polman, terutama pada persiapan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Silopo.

“Pelabuhan merupakan cerminan dari sebuah daerah, apabila pelabuhannya baik maka daerahnya pun akan baik, karena pelabuhan akan menjadi titik sentral pada banyak sektor seperti sektor ekonomi, sektor pariwisata, sektor perdagangan serta sektor lainnya yang dapat meningkatkan pembangunan pada daerah tersebut," papar Parlindungan.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap kesiapan operasional pada Pelabuhan Tanjung Silopo oleh seluruh undangan kegiatan. Seperti diketahui, Pelabuhan Tanjung Silopo akan dipergunakan sebagai pelabuhan internasional yang melayani perjalanan secara langsung ke Lahad Datu, Malaysia.

Tim dari BIMP-EAGA menjelaskan bahwa persiapan pelabuhan di Lahad Datu sudah mencapai 95% untuk melayani penyebarangan dari Polman menuju ke Lahad Datu. Diharapkan Pelabuhan Tanjung Silopo juga dapat melakukan percepatan penyelesaian agar dapat segera beroperasi.



Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Silopo, Ilham Saenong, menjelaskan nantinya sebelum melayani penyebarangan internasional menuju Lahad Datu, Pelabuhan Tanjung Silopo akan melakukan uji coba untuk melayani penyebarangan lokal terlebih dahulu.

Dalam kegiatan ini, juga turut hadir Kesekretariatan dan Kepala Dinas di wilayah Kabupaten Polman, Perwakilan Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Parepare dan Perwakilan Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru