Gandeng Pemprov, PLN Komitmen 100% Desa di Sulbar Terlistriki pada 2024

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 13 Sep 2023 15:19
Gandeng Pemprov, PLN Komitmen 100% Desa di Sulbar Terlistriki pada 2024
PLN UID Sulselrabar menggandeng Pemprov Sulbar untuk melistriki 100 persen di provinsi itu pada 2024 mendatang. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MAMUJU - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (UID Sulselrabar) berkomitmen pada 2024 agar seluruh desa di Sulawesi Barat (Sulbar) bisa terlistriki. Hal itu disampaikan saat pertemuan dengan Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, di Rumah Jabatan Gubernur pada Sabtu lalu (9/9).

Dari pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar berkomitmen akan membantu PLN UID Sulselrabar dalam melistriki seluruh desa di Sulbar agar masyarakat desa bisa menikmati listrik yang menyala terang di rumah-rumah mereka.

Pj Gubernur Sulbar yang ditemui saat itu menyampaikan pihaknya berjanji akan mendukung seluruh aktivitas yang dilakukan PLN, termasuk berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan.

“Kami akan membantu berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan agar PLN dapat memperoleh akses di wilayah yang memerlukan perizinan. Kita ingin di tahun 2024 seluruh desa dapat terlistriki secara total, jadi total 100% seluruh desa mendapatkan listrik PLN,” ujar Zudan.

Manager PLN UP3 Mamuju, Manihar Hutajulu, menyampaikan kunjungan tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi antara PLN dengan Pemprov Sulbar dalam berbagai hal terkait dengan kelistrikan, termasuk kendala terkait akses di wilayah hutan lindung, serta lahan.

“Ini juga menjadi tantangan terkait bagaimana kami mendapatkan perizinan, terutama di akses kehutanan, apalagi banyak kawasan Sulbar masih dalam status hutan lindung. Ada 24 desa yang rencana akan diselesaikan dan termasuk dalam rencana kerja di tahun 2024,” ujar Manihar.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin, mengatakan komitmen PLN untuk mengalirkan listrik ke seluruh desa di Sulbar, sejalan dengan usaha untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Pencapaian Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Sulbar sampai dengan Juli 2023 adalah 89,77%, sedangkan Rasio Desa Berlistrik PLN di Sulbar adalah sebesar 96,45%.

“Komitmen PLN untuk bisa melistriki seluruh desa di Sulawesi Barat, sejalan dengan usaha kami untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Diharapkan dengan masuknya listrik ke seluruh desa bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana. Pencapaian Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Sulawesi Barat sampai dengan Juli 2023 adalah 89,77%, sedangkan Rasio Desa Berlistrik PLN di Sulbar adalah sebesar 96,45%,” pungkas Andy.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru