Ragam Pakaian Adat Warnai Upacara Hari Lahir Pancasila yang Digelar Imigrasi Polman

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 01 Jun 2024 15:56
Ragam Pakaian Adat Warnai Upacara Hari Lahir Pancasila yang Digelar Imigrasi Polman
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman kantor pada Sabtu (01/06). Foto/Dok Imigrasi Polman
Comment
Share
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman kantor pada Sabtu (01/06) pukul 07.30 WITA, yang diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman, Adithia P. Barus, yang mengenakan pakaian adat suku Mandar Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam amanatnya, Adithia membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menekankan bahwa Pancasila menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Hal itu penting dijaga, apalagi menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi dasarnya," ucap Adithia saat membacakan pidato Kepala BPIP.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045' dan diikuti oleh seluruh peserta upacara dengan menggunakan Pakaian Adat Nasional.

Ragam Pakaian Adat Warnai Upacara Hari Lahir Pancasila yang Digelar Imigrasi Polman

Tema tersebut ditetapkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila selaku lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembinaan ideologi Pancasila di Indonesia.

Rangkaian peringatan dilanjutkan dengan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 secara nasional, yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube BPIP dan diikuti oleh pegawai Kantor Imigrasi Polman secara virtual.

Adithia mengatakan jajaran Imigrasi Polman hari ini telah mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila yang dimulai dengan upacara bendera secara mandiri dilanjutkan mengikuti upacara peringatan secara virtual dengan lancar dan khidmat.

"Semoga dengan diperingatinya Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pelaksanaan tugas sebagai ASN," harap Adithia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru