Ikatan Keluarga Darul Huffadh Makassar Gelar MHQ Ponpes se-Sulsel

Luqman Zainuddin
Sabtu, 27 Jul 2024 21:08
Ikatan Keluarga Darul Huffadh Makassar Gelar MHQ Ponpes se-Sulsel
Pembukaan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) antar pondok pesantren se-Sulsel. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Ikatan Keluarga Darul Huffadh (IKDH) Cabang Makassar menggelar Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) antar pondok pesantren se-Sulsel. Ajang ini berlangsung mulai 26-28 Juli 2024 di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Pada Jumat 26 Juli 2024 malam, Panggung utama MHQ antar Ponpes se-Sulsel IKDH Makassar di Aula Utama Asrama Haji Sudiang berdiri megah, para peserta serta tamu undangan memenuhi aula untuk menyaksikan pembukaan MHQ.

Pada pembukaan MHQ, Ketua Panitia Pelaksana MHQ IKDH Henri Hasrianto menyampaikan bahwa kegiatan MHQ terlaksana tanpa membebankan biaya pada peserta.

"Alhamdulillah kegiatan mhq bisa terlaksana tanpa membebankan biaya sekecil apapun pada peserta atau gratis," ucapnya, dalam siaran pers yang diterima.

Ketua IKDH Makassar Rajuddin menyampaikan pula tentang tujuan diadakannya MHQ untuk mensyiarkan Agama lewat Al-Qur'an dan ajang silaturahmi antar Ponpes se-Sulsel.



"Kegiatan MHQ Bertujuan untuk menyiarkan agama Allah SWT melalui Al-Qur'an dan juga sebagai bentuk silaturahmi kita antar Ponpes se-Sulsel," kata dia.

Lalu sambutan-sambutan yang cukup meriah oleh 4 Tokoh besar terlaksananya MHQ ini, yaitu dari Pimpinan pondok pesantren Darul Huffadh oleh Ustadz H. Saad Said, S.Ag.

Perwakilan Wali Kota Makassar oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Muhammad Andi Yasir, perwakilan Gubernur Sulsel oleh pelaksana Harian Sekda Sulsel oleh Ir. Andi Darmawan Bintang M.Dev.P.L.G.

Dilanjutkan dengan penabuhan gong oleh yang mewakili Gubernur Sulsel sebagai tanda dibukanya MHQ antar pondok pesantren se-Sulsel dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Kemudian ditutup dengan Seminar Alqur'an yang dirangkaikan bersama MHQ, yang dipimpin oleh moderator Ustadz Awal dan bersama 2 narasumber yang menyampaikan materi seminar Al-Qur'an oleh AKBP atau Ajun komisaris Besar Polisi H. Muhtar, S.E dan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huffadh Ustadz H. Saad Said, S.Ag.



Hari ini Sabtu 27 Juli mulai pukul 08.00 WITA hingga malam berlangsung pelaksanaan lomba sesuai jadwal dari panitia.

Kemudian pada Minggu 28 Juli akan diadakan seminar kembali yang masih dalam rangkaian agenda MHQ juga oleh pemateri Ustadzah Sa'diah Said Direktris Pondok Pesantren Darul Huffadh dan akan berlangsung pada pukul 08.00 WITA dan akan dilakukan penutupan serta pengumuman Hasil lomba pada pukul 11.30 WITA.

Juga direncanakan akan ada Rihlah bagi peserta dan panitia sebelum semuanya check out dan bisa meninggalkan lokasi Asrama Haji Sudiang.
(MAN)
Berita Terkait
OJK dan Pemerintah Bangun Ekosistem Keuangan Syariah di Pondok Pesantren
Ekbis
OJK dan Pemerintah Bangun Ekosistem Keuangan Syariah di Pondok Pesantren
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Ekosistem Pondok Pesantren Inklusif Keuangan Syariah (EPIKS) untuk mendorong peningkatan literasi, inklusi, dan digitalisasi keuangan syariah, khususnya di Jawa Tengah.
Selasa, 13 Agu 2024 19:43
Study Tour, Puluhan Santri Ponpes Asal Sulteng Rasakan Atmosfer Perkuliahan di Kalla Institute
News
Study Tour, Puluhan Santri Ponpes Asal Sulteng Rasakan Atmosfer Perkuliahan di Kalla Institute
Sekitar 54 santri dan santriwati tingkat akhir yang didampingi oleh para guru Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru, Sigi, Sulawesi Tengah, dalam rangka Economic Study Tour.
Selasa, 21 Mei 2024 19:58
Kemenag Susun Peta Jalan Pengembangan Pendidikan Pesantren
News
Kemenag Susun Peta Jalan Pengembangan Pendidikan Pesantren
Peta jalan ini dibahas bersama dalam Focus Group Discussion bertajuk Tata Kelola Kelembagaan Pendidikan Diniyah dan Ma'had Aly yang digelar Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren
Kamis, 02 Mei 2024 20:15
Ahli Waris Burhanuddin Napitupulu Wakafkan Lahan 300 Ha untuk Pesantren Gratis
News
Ahli Waris Burhanuddin Napitupulu Wakafkan Lahan 300 Ha untuk Pesantren Gratis
Para pihak ahli waris almarhum Burhanuddin Napitupulu mewakafkan kepada Yayasan Darul Burhan Wal Ishlah (DBI) sebidang tanah seluas 300 Ha untuk pembangunan pondok pesantren Modern gratis.
Senin, 29 Apr 2024 14:09
Bangun Semangat Berbagi, Santri Ponpes DDI Galbar Bagi Takjil di Tiga Titik
News
Bangun Semangat Berbagi, Santri Ponpes DDI Galbar Bagi Takjil di Tiga Titik
Santri dan Santriwati Pondok Pesantren DDI Galesong Baru (Galbar) Makassar, mengisi bulan Suci Ramadan dengan sejumlah kegiatan positif, termasuk bagi takjil untuk membangun semangat berbagi
Minggu, 31 Mar 2024 13:16
Berita Terbaru